Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merupakan sebuah lembaga pendidikan di bawah Yayasan Slamet Riyadi yang dikelola oleh kaum awam Katolik dengan perlindungan Santo Albertus Magnus dan didirikan pada tanggal 27 September 1965. Tujuan dari lembaga pendidikan UAJY ini adalah Menumbuhkembangkan komunitas akademik secara cermat dan kritis dalam rangka membantu melindungi, meningkatkan harkat dan martabat manusia serta warisan budaya melalui pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat dan berbagai pelayanan lain yang diberikan kepada komunitas setempat, nasional, dan internasional dengan semangat pelayanan dalam cahaya kebenaran.

UAJY mempunyai visi ke dapan yakni selalu berupaya menciptakan budaya organisasi untuk membangun komunitas sumber daya manusia yang memiliki kapabilitas, etos kerja serta komitmen tinggi sesuai dengan visi dan misi universitas, berkaya untuk menghasilkan karya dan alumni yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional, selain itu juga akan selalu berusaha mewujudkan jejaring kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat nasional maupun internasional.

Sesuai dengan tujuan UAJY tersebut maka diperlukan garis terdepat dimana tanggung jawab diemban oleh seorang Public Relations. Public Relations ini berperan penting tidak hanya membangun image universitas di lingkup nasional dan internasional melainkan juga untuk membangun hubungan yang baik dan harmonis diantara setiap pihak agar mencapai tujuan civitas akademika UAJY. Cutlip & Center (2005) mengemukakan bahwa public relation termasuk dalam fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk memperoleh pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publiknya.

Apabila saya diberi kesempatan sebagai Public Relations di UAJY maka ada beberapa hal yang harus saya lakukan untuk membangun citra yang baik serta menjalin hubungan dengan pihak luar. Langkah pertama adalah membangun komunikasi yang efektif dan informasi yang merata sehingga dapat tercipta hubungan yang harmonis dan saling pengertian diantara universitas dan masyarakat.

Dengan slogan “serviens in lumine veritatis” atau melayani dalam cahaya kebenaran, maka sebagai public realation UAJY hal ini menjadi tugas untuk tetap mengingat peran masyarakat sekitar di dalam memajukan UAJY. Sehingga saya akan mengadakan sebuah program social responsibility dimana program ini selain dapat menjalin hubungan baik dengan masyarakat, menjadi salah satu bentuk sosial nyata universitas juga membangun citra baik di mata masyarakat. Program CSR ini bertajuk Campus Social Responsibility dengan membangun sektor perekonomian dan pendidikan masyarakat sekitar. Selain itu juga berkontribusi di dalam aktivitas pemeliharaan lingkungan demi keberlangsungan makhluk hidup di sekitar.

Saya yakin bahwa seorang public relations harus melampui jauh dari bentuk promosi sederhana dan memanfaatkan sumber daya sebanyak mungkin. PR yang baik menunjukkan adanya perhatian dan kepedulian demi keberlangsungan lembaga di mata masyarakat.

Referensi

Cutlip, Scott M. Allen H, Center. Broom, Glen M. 2005. Effective Public Relations. Edisi 8. Jakarta. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Ingin dibuatkan makalah seperti ini??
Butuh versi lengkap??
atau ada tugas-tugas costum lainnya?
silahkan hubungi geraijasa.com di no 0821-3805-4433