Strategi Komunikasi Bisnis Telkom

Pendahuluan

Komunikasi merupakan kunci dalam segala aspek kehidupan terutama dalam dunia bisnis. Komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu (Purwanto, 2011: 5) Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi di tingkat profesional dapat memengaruhi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mempelajari strategi komunikasi bisnis. Menurut Kenneth Andrew dalam Anoraga (2000: 339), strategi adalah pola sasaran, maksud atau tujuan dan kebijakan serta rencana-rencana penting untuk mencapai tujuan itu, yang dinyatakan dengan cara seperti menetapkan bisnis yang di anut atau yang akan di anut oleh perusahaan, dan jenis atau akan menjadi apa perusahaan ini.

Strategi komunikasi adalah salah satu elemen kunci dalam komunikasi bisnis. Tujuan dari setiap strategi promosi dapat untuk meningkatkan penjualan, mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar, menciptakan atau meningkatkan pengakuan merek, menciptakan iklim yang menguntungkan untuk penjualan di masa depan, menginformasikan dan mengedukasi pasar, menciptakan keunggulan kompetitif relatif terhadap produk pesaing atau posisi pasar dan untuk meningkatkan efisiensi promosi. Strategi komunikasi pemasaran menentukan pesan atau urutan pesan, yang harus dibagi dengan audiens target tertentu melalui campuran komunikasi yang optimal.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) adalah satu-satunya BUMN telekomunikasi serta penyelenggara layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia yang menerapkan strategi komunikasi pemasaran dalam perusahaannya. Telkom pada tahun 2013 new branding image dari perusahaan yang bergerak dibidang bisnis full service and network provider menjadi To become a leading Telecommunication, Information, Media & Edutaiment (TIME)”. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 22 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Makalah ini memaparkankan bagaimana strategi komunikasi bisnis di perusahaan Telkom.

Pembahasan

1. Komponen Perusahaan Telkom

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Berikut komponen bisnis Telkom:

  • Telecommunication

Telekomunikasi merupakan bagian bisnis legacy Telkom. Sebagai ikon bisnis perusahaan, Telkom melayani sambungan telepon kabel tidak bergerak Plain Ordinary Telephone Service (“POTS”), telepon nirkabel tidak bergerak, layanan komunikasi data, broadband, satelit, penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler yang dilayani oleh Anak Perusahaan Telkomsel. Layanan telekomunikasi Telkom telah menjangkau beragam segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan Menengah (“UKM”) serta korporasi.

  • Information

Layanan informasi merupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy Business (“NEB”). Layanan ini memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value Added Services (“VAS”) dan Managed Application/IT Outsourcing (“ITO”), e-Payment dan IT enabler Services (“ITeS”).

  • Media

Media merupakan salah satu model bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan media ini menawarkan Free To Air (“FTA”) dan Pay TV untuk gaya hidup digital yang modern.

  • Edutainment

Edutainment menjadi salah satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dengan menargetkan segmen pasar anak muda. Telkom menawarkan beragam layanan di antaranya Ring Back Tone (“RBT”), SMS Content, portal dan lain-lain.

  • Services

Services menjadi salah satu model bisnis Telkom yang berorientasi kepada pelanggan yang sejalan dengan Customer Portfolio Telkom kepada pelanggan Personal, Consumer/Home, SME, Enterprise, Wholesale, dan Internasional.

Telkom memiliki empat anak perusahaan untuk menjalankan komponen bisnisnya yaitu PT. Telekomunikasi Indonesia Selular (Telkomsel), PT. Telekomunikasi Indonesia International (Telin), PT. Telkom Metra dan PT. Daya Mitra Telekomunikasi (Mitratel).

  • Strategi Komunikasi Bisnis

Strategi komunikasi adalah metode atau langkah-langkah yang diambil untuk keberhasilan proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu atau mengubah sikap, pendapat atau perilaku, baik secara langsung, secara lisan maupun tidak langsung melalui media tertentu (Effendy, 2008: 5). Strategi komunikasi pemasaran yang telah dilakukan Telkom sudah cukup berjalan dengan baik yaitu dengan menggunakan konsep dan teori dalam komunikasi pemasaran promotion mix. Komunikasi pemasaran terpadu atau Integrated Marketing Communication (IMC) adalah sebuah konsep dimana suatu perusahaan mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi untuk mengirim pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan berkenaan dengan perusahaan dan produknya (Kotler, 2012: 424). Menurut Four As (the American of Advertising Agency) IMC adalah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah rencana komprehensif yang mengkaji peran strategi masing-masing bentuk komunikasi misalnya, iklan, direct response, promosi penjualan, humas dan memadukannya untuk meraih kejelasan, konsistensi dampak komunikasi maksimal melalui pengintegrasian pesan (Uyung, 2003: 60).

Kegiatan komunikasi pemasaran Telkom menggunakan elemen bauran komunikasi pemasaran yang terintegrasi atau disebut dengan Integrated Marketing Communication (IMC) terdiri dari advertesing, sales dan di dukung dengan aktivitas door to door dari para sales. Advertesing dengan memanfaatkan media Above The Line (ATL) brosur, radio, spanduk dan Below The Line (BTL) program talkshow di radio dan tv lokal, website, media sosial. Tahapan sales promotion, Telkom menggunakan pemberian promo dan potongan harga, salah satu yang diberikan adalah pemasangan gratis pada penggunaan awal layanan indihome pada bulan pertama dan telephone gratis 1000 menit lokal dan interlokal. Personal selling yang dilakukan Telkom mengandeng pengembang perumahan dan meningkatkan sosialisasi kepada para pelanggan Telkom, Non Telkom. Tahapan public relations, Telkom melakukan hubungan baik dengan media lokal untuk program talkshow, directmarketing yang dijalankan Telkom dilakukan dengan direct call atau outbound call dan melakukan pengiriman surat kepada pelanggan yang terakhir pada online marketing yang dijalankan dengan memanfaatkan media internet dengan media sosial facebook dan twiteer, website. Selanjutnya Telkom juga menggunakan cara dalam promosi dengan melakukan penjualan secara door to door dengan face to face kepada calon pelanggan tujuannya agar lebih interaktif, pelanggan dalam menggali informasi yang luas tentang produk.

Dalam meningkatkan brand awareness, Telkom menerapkan salah satu kegiatan yang penting yaitu strategi komunikasi pemasaran dengan cara memanfaatkan teknologi internet misalnya aplikasi mobile. Masyarakat luas menggunakan aplikasi mobile dalam kapasitas yang bermacam-macam seperti ruang interaksi, ruang berbagi pengalaman dan informasi, serta dalam level tertentu, ruang untuk melakukan komunikasi pemasaran dan melakukan kegiatan e-bisnis serta untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk.

Telkom berusaha meningkatkan brand awareness nya melalui aplikasi MY IndiHome dengan tiga manfaat utama dari My IndiHome. Manfaat pertama dari My IndiHome adalah kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan berbagai informasi dan layanan dari IndiHome. Kedua, kemudahan dan fleksibilitas juga diberikan kepada pelanggan untuk memilih berbagai jenis layanan tambahan yang khusus disediakan bagi pelanggan IndiHome. Ketiga, pelanggan juga mempunyai kesempatan besar untuk mendapatkan berbagai promo menarik yang disediakan khusus bagi pelanggan IndiHome. Pelanggan dapat menikmati berbagai layanan kapan pun dan di mana pun melalui My IndiHome seperti mengecek ketersediaan jaringan fiber optic, registrasi layanan IndiHome, order tracking, melaporkan keluhan, mengecek tagihan serta mendapatkan informasi-informasi lain yang berkaitan dengan layanan Telkom.

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas costum lainnya??
Hubungi aja geraijasa.com di no wa 0821-3805-4433

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *