A. Pendahuluan

Inpres No. 3 Tahun 2003 merupakan acuan dari tahapan pengembangan e-government. Tahapan pengembangan e-government pemerintahan saat ini masih berada pada tahap pematangan, yaitu tahap dimana telah terjadi komunikasi dua arah antara pemerintah dengan pihak yang berkepentingan. Pada tahap pematangan ini antara lembaga yang satu dengan lembaga yang lain sudah mulai terhubung. Selain itu setiap hasil kegiatan sudah mulai didokumentasikan dalam bentuk digital.

Dalam hal pengembangan e-government, pemerintah telah menyediakan fasilitas berupa dukungan infrastruktur salah satunya adalah komputer. Tuntutan pekerjaan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penggunaan fasilitas komputer. Sebagia besar pegawai pemerintahan sangat membutuhkan komputer untuk menyelesaikan pekerjaannya. Realisasi sistem yang ada belum mampu mendorong efisiensi dan efektifitas pelayanan publik. Kurangnya sosialisasi ulang penyelenggaraan e-government di lingkungan pemerintahan yaitu kepada pegawai yang terlibat langsung dalam penerapan e-government sehingga pengembangan e-government menuju good governance atau tata laksana pemerintahan yang baik belum bisa tercapai.

Di lingkup pemerintahan penggunaan sistem informasi yang berbasis web belum optimal dimana sistem informasi yang ada tidak up to date. Tingkat penerimaan teknologi di setiap indovidu belum  menunjukkan tujuan e-government yang sesungguhnya, hal ini dapat mempengaruhi dalam pengembangan e-government. Pada tahun 2008 pemerintah menghadapi tantangan yang semakin berat dalam mengimplementasikan blueprint Digital Government Services (DGS). Hal tersebut berkaitan dengan perubahan struktur organisasi dan tata kerja yang mendasar. Dalam rangka pelaksanaan DGS, pemerintah merumuskan mekanisme dan strategi implementasi DGS yang menghasilkan model manajemen perubahan yang di dalamnya terdapat suatu strategi implementasi manajemen perubahan yang harus mampu merubah kebiasaan dalam bekerja karena dampak dari penggunaan teknologi informasi (TI). Namun model tersebut memiliki permasalahan sehingga sampai saat ini tidak pernah digunakan. Akibatnya saat ini penguasaan TI di masyarakat lebih besar dibandingkan penguasaan TI oleh birokrasi pemerintahan.

Penerapan teknologi dalam sistem informasi pemerintahan hendaknya memperhatikan pemakai sistem sehingga teknologi yang diterapkan dapat bermanfaat sesuai dengan tugas dan kemampuan pemakai. Sering ditemukan bahwa teknologi yang diterapkan dalam sistem informasi sering tidak tepat atau tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh pemakai sistem sehingga penerapan sistem informasi kurang memberikan manfaat atau bahkan tidak memberikan manfaat sama sekali dalam peningkatan kinerja pegawai.

B. Pembahasan

1. Identifikasi Masalah, Tantangan dan Hambatan

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka beberapa masalah yang dapat diidentifikasi antara lain:

  1. Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompetensi dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) belum mencukupi, sehingga beban tugas pemerintahan terlampau berat karena harus mengatasi seluruh permasalahan TIK yang terjadi.
  2. Tidak semua pegawai dapat menerima dengan baik adanya teknologi yang baru.
  3. Adanya disparitas atau selisih yang mencolok antara rata-rata penguasaan Teknologi Informasi (TI) oleh birokrasi pemerintahan dan kemampuan rata-rata penguasaan TI di masyarakat.
  4. Rendahnya kuantitas dan kualitas SDM dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan pengembangan e-government di lembaga pemerintah baru berada pada tingkat pematangan dan belum mampu merealisasikan ke tingkat pemantapan.
  5. Sistem informasi lembaga pemerintah belum optimal dalam memberikan pelayanan transaksi kepada masyarakat.

Tantangan mengelola perubahan menurut Baltzan & Phillips (2009) yaitu menghadapi rasa takut dan keresahan di seluruh organisasi; mengatasi penolakan dari manajer yang berkepentingan; mengubah fungsi kerja, jalur karier, dan praktek perekrutan; serta memberi pelatihan telah memberikan ancaman yang lebih besar bagi proyek rekayasa ulang daripada kesulitan yang dialami perusahaan dalam memvisualisasikan dan merancang perubahan terobosan pada proses bisnis.

Beberapa tantangan yang dihadapi dalam pengembangan e-government antara lain:

  1. Mengatasi seluruh permasalahan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang terjadi.
  2. Semua pegawai harus dapat menerima dengan baik adanya teknologi yang baru.
  3. Mengatasi disparitas atau selisih yang mencolok antara rata-rata penguasaan TI oleh birokrasi pemerintahan dan kemampuan rata-rata penguasaan TI di masyarakat.
  4. Menghasilkan model manajemen perubahan yang dapat dijadikan ancuan oleh pemerintahan dalam pengembangan e-government untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam pelaksanaan masih banyak sekali hambatan di lapangan antara lain dilihat dari faktor sumber daya manusia (SDM) yang tersedia baik kuantitas maupun kualitas dalam menggunakan teknologi belum memadai, sedikit SDM yang kompetensi TIKnya mencukupi, tingkat penerimaan pegawai pemerintah masih lemah, dan adanya disparitas atau selisih yang mencolok antara rata-rata penguasaan TI oleh birokrasi dan kemampuan rata-rata penguasaan IT di masyarakat.

2. Arah Perubahan dan Posisi Perubahan

Tentang organisasi yang efektif Chung and Megginson (1995) menyatakan “An organization is most effective when it is able to recognize enviromental change and to change its internal components accordingly”. Artinya suatu organisasi akan sangat efektif bila mempunyai kemampuan untuk memahami perubahan lingkungan, dan selanjutnya organisasi tersebut mampu merubah komponen internalnya supaya sesuai dengan perkembangan di luar.

Berdasarkan hal tersebut, maka secara teoritis arah pengembangan organisasi adalah mengembangkan komponen internal organisasi agar sesuai dengan perubahan yang terjadi di lingkungan luar. Komponen internal pemerintahan yang dirubah adalah, struktur, jenis dan sifat pekerjaan, kualifikasi dan kompetensi individu sebagai pekerja, sarana dan prasarana kerja, serta sistem manajemen, termasuk kepemimpinannya.

Ingin dibuatkan tugas seperti ini?
Butuh versi lengkap?
Atau ada tugas costum lainnya?
Hubungi team geraijasa.com di wa 082138054433