ANATOMI DAN FUNGSI SEL DARAH PUTIH

A.PENDAHULUAN

1.Latar Belakang

Praktek profesi perawatan kesehatan membutuhkan pemahaman dasar anatomi. Anatomi manusia adalah studi ilmiah tentang struktur tubuh. Beberapa struktur ini sangat kecil dan hanya dapat diamati dan dianalisis dengan bantuan mikroskop. Anatomi memperlakukan bagian-bagian komponen tubuh yang terorganisir, dan menjelaskan struktur dan posisi organ-organnya saat dalam keadaan istirahat (Joseph C. Martindale, 1872: 12). Dalam anatomi terdapat salah satu sel yang dibuat tubuh untuk membantu melawan infeksi. Leukosit, umumnya dikenal sebagai sel darah putih (White Blood Cells/WBC), adalah komponen utama pertahanan tubuh terhadap penyakit. Leukosit melindungi tubuh dari serangan mikroorganisme dan sel-sel tubuh dengan DNA yang bermutasi, dan mereka membersihkan puing-puing.

Pemahaman tentang anatomi dan fungsi sel darah putih tidak hanya fundamental untuk karir dalam profesi kesehatan, tetapi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Keakraban dengan tubuh manusia dapat membantu membuat pilihan yang sehat dan mendorong untuk mengambil tindakan yang tepat ketika tanda-tanda penyakit muncul. Pengetahuan dalam bidang ini akan membantu memahami informasi tentang nutrisi, obat-obatan, peralatan medis, dan prosedur serta membantu memahami penyakit genetik atau infeksi. Pada titik tertentu, setiap orang akan memiliki masalah dengan beberapa aspek tubuhnya dan pengetahuan tentang anatomi dan fungsi sel darah putih dapat membantu mereka.

2. Rumusan Masalah

Pembahasan dalam makalah ini dibatasi dalam pengertian serta cabang anatomi dan fungsi sel darah putih.

3. Tujuan Penulisan

Setelah mempelajari makalah ini mahasiswa diharapkan mampu memahami pengertian serta cabang anatomi dan dan fungsi sel darah putih.

B. PEMBAHASAN

1.Anatomi

Anatomi adalah studi tentang struktur tubuh dan hubungan bagian-bagiannya. Anatomi biasanya didefinisikan sebagai studi tentang struktur tubuh dan hubungan berbagai bagian satu dengan yang lain (William Arnould-Taylor, 1998: 1). Anatomi menggambarkan struktur dan lokasi dari berbagai komponen organisme untuk memberikan kerangka pemahaman. Anatomi manusia mempelajari cara setiap bagian manusia, dari molekul hingga tulang, berinteraksi untuk membentuk keseluruhan fungsional.

Cabang anatomi termasuk anatomi makroskopik (gross anatomy), mikroanatomi (microanatomy), perkembangan anatomi (developmental anatomy), anatomi terapan (applied anatomy) dan anatomi patologis (pathologic anatomy). Penjelasan dari masing-masing cabang anatomi yaitu:

  1. Gross anatomy (juga disebut anatomi makroskopik) adalah studi tentang struktur anatomi yang terlihat oleh mata telanjang.
  2. Mikroanatomi (microanatomy) adalah studi tentang struktur anatomi menggunakan mikroskop. Mikroanatomi dibagi menjadi sitologi dan histologi. Sitologi adalah studi tentang asal, struktur, fungsi, dan patologi sel-sel individual. Histologi adalah studi tentang jaringan (kelompok sel) yang melibatkan pemasangan bagian jaringan tipis pada slide; bagian beku atau jaringan siap dapat digunakan.
  3. Perkembangan anatomi (developmental anatomy) adalah studi tentang perubahan struktural dari konsepsi sampai usia lanjut, termasuk embriologi dan gerontologi.
  4. Anatomi terapan (applied anatomy) mengacu pada penggunaan temuan anatomi untuk mendiagnosis dan mengobati gangguan medis.
  5. Anatomi patologis (pathologic anatomy) adalah studi tentang jaringan yang sakit, abnormal, atau cedera (Lippincott Williams & Wilkins, 2002: 1).

2.Fungsi Sel Darah Putih

Sel darah putih juga disebut sebagai leukosit. Mereka adalah sel-sel yang membentuk mayoritas sistem kekebalan tubuh, yang merupakan bagian dari tubuh yang melindungi dirinya terhadap zat asing dan berbagai jenis infeksi. Leukosit dibuat di sumsum tulang dari sel multipoten yang disebut sel induk hematopoietik. Leukosit terdapat di semua bagian tubuh, termasuk jaringan penyambung, sistem getah bening, dan aliran darah. Fungsi utamanya adalah melawan infeksi. Juga terlibat dalam respon inflamasi dan reaksi alergi. Menurut Tim Hematologi, fungsi lainnya dari sel darah putih (Abdulrahman Alkadhaib & Alaa Alanazi, hal 6), yaitu:

  • Fagositosis

Neutrofil dan monosit menelan partikel dan bakteri asing melalui aksi fagositik mereka, sehingga menghancurkan aksi mereka.

  • Pertahanan tubuh

Sel darah putih memproduksi antibodi dan kekebalan tubuh untuk meningkatkan kekuatan perlawanan terhadap infeksi apa pun.

  • Pembentukan fibroblast

Limfosit dapat diubah menjadi fibroblast di area peradangan dan membantu proses perbaikan jaringan dan regenerasi.

  • Sekresi heparin

Leukosit basofil seharusnya mengeluarkan heparin (zat hati) yang mencegah pembekuan intravaskular.

  • Fungsi anti-histamin

Eosinofil dipercaya untuk mempertahankan tubuh terhadap kondisi alergi di mana histamin seperti tubuh yang diproduksi secara berlebihan.

  • Produksi zat tromboplastik

Karena produksi zat tersebut, proses koagulasi dan deposit bekuan difasilitasi.

  • Hancurkan Sel Kanker

Selain mengenali dan membunuh sel yang terinfeksi virus, limfosit T juga dapat menargetkan dan membunuh sel tumor atau sel abnormal yang mungkin mewakili awal tumor.

  • Pembuatan alat musik

Leukosit memproduksi zat-zat tertentu yang disebut trephones dari protein plasma, yang memberi pengaruh besar pada nutrisi, pertumbuhan dan perbaikan jaringan.

Terdapat lima jenis sel darah putih yang berbeda, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda dalam sistem kekebalan tubuh. Terdapat dua jenis sel darah putih yang berbeda dan masing-masing terlihat berbeda satu sama lain di bawah mikroskop yaitu granulosit dan agranulosit. Granulosit memiliki butiran yang terlihat di dalam sel yang memiliki fungsi sel berbeda. Jenis granulosit termasuk basofil, neutrofil, dan eosinofil. Agranulosit bebas dari butiran yang terlihat di bawah mikroskop dan termasuk limfosit dan monosit. Bersama-sama, mereka berkoordinasi satu sama lain untuk melawan hal-hal seperti kanker, kerusakan seluler dan penyakit menular. Di bawah ini, informasi terperinci tentang setiap jenis akan dibahas.

“Ingin dibuatkan makalah seperti ini??
Butuh Versi Lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no 082138054433″

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *