Pengaruh Emosi, Motivasi, dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan

A.Latar Belakang Masalah

Dewasa ini sumber daya manusia (SDM) mempunyai peranan yang sangat penting sebagai salah satu faktor produksi dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Werther dan Davis (dalam Sutrisno, 2016: 4) mengemukakan bahwa sumber daya manusia adalah “pegawai yang siap, mampu dan siaga dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi”. Pegawai atau karyawan merupakan mesin penggerak dari ide-ide yang muncul dalam organisasi atau perusahaan. Dalam proses kegiatan organisasi atau perusahaan, para pemimpin harus mampu menggerakkan karyawannya untuk mencapai tujuan. Seringkali mereka menggunakan kekuasaannya tanpa memperhatikan kondisi karyawannya. Fenomena tersebut dapat menurunkan kinerja karyawan karena karyawan merasa kurang dihargai oleh pimpinannya.

Masih adanya komplain menunjukkan proses kinerja karyawan di suatu perusahaan belum optimal. Mangkunegara (2013: 67) mengemukakan bahwa kinerja (prestasi kerja) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Menurut Robbins dalam Sinambela (2012: 5) bahwa kinerja diartikan sebagai hasil evaluasi terhadap pekerjaan yang dilakukan individu dibandingkan dengan kriteria yang telah ditetapkan bersama. Dengan kinerja yang baik, para karyawan akan menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi dan berdampak positif bagi perusahaan sehingga tujuan-tujuan perusahaan bisa tercapai. Sehingga dalam rangka peningkatan kinerja karyawan, perusahaan harus memperhatikan beberapa faktor yaitu emosi, motivasi dan gaya kepemimpinan.

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah emosi. Dalam hidup manusia, emosi merupakan bagian penting untuk menyatakan perasaan seperti rasa sedih, rasa gembira, rasa cemas dan sebagainya. Menurut Robbins (2003: 106), emosi adalah reaksi pada suatu objek, bukan sifat. Sebaliknya, moods tidak diarahkan pada suatu objek. Emosi dapat berubah menjadi moods ketika kita kehilangan fokus pada objek kontekstual. Emosi hanya akan mengurangi keberhasilan organisasi atau perusahaan untuk mencapai target.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah motivasi. Oleh sebab itu, pemimpin dituntut mampu memotivasi karyawan, dimana motivasi berhubungan erat dengan keberhasilan organisasi atau perusahaan di dalam mencapai tujuan-tujuannya. Widodo (2015: 187) menyatakan bahwa motivasi merupakan kekuatan yang ada dalam diri seseorang yang mendorong perilakunya untuk melakukan suatu tindakan. Motivasi berperan untuk mengintensifkan hasrat dan keinginan tersebut. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa usaha peningkatan kinerja karyawan akan selalu terkait dengan usaha memotivasinya.

Faktor lain yang juga mempengaruhi kinerja karyawan adalah gaya kepemimpinan. Dalam suatu perusahaan, ketidaksesuaian gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh pemimpin dapat mengakibatkan salah satu kegagalan karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Menurut Rivai (2011: 42), gaya kepemimpinan adalah sekumpulan ciri yang digunakan pimpinan untuk mempengaruhi bawahan agar sasaran organisasi tercapai atau dapat pula dikatakan bahwa gaya kepemimpinan adalah pola perilaku dan strategi yang disukai dan diterapkan oleh seorang pemimpin. Kinerja perusahaan yang baik akan tercipta dari kepemimpinan yang baik pula.

Berdasarkan uraian di atas maka emosi, motivasi dan gaya kepemimpinan merupakan faktor-faktor penting dalam menciptakan kinerja karyawan yang lebih produktif, efektif, dan efisien. Judul dari penelitian ini adalah “Pengaruh Emosi, Motivasi, dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan”.

B.Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah:

  1. Bagaimana pengaruh emosi terhadap kinerja karyawan?
  2. Bagaimana pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan?
  3. Bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan?

C.Tujuan Penelitian

Sesuai dengan rumusan masalah yang diambil, maka tujuan penelitian ini adalah:

  1. Untuk mengetahui pengaruh emosi terhadap kinerja karyawan.
  2. Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan.
  3. Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan.

D.Manfaat Penelitian

  • Bagi Peneliti

Untuk memahami lebih dalam faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi emosi, motivasi dan gaya kepemimpinan sehingga berdampak pada peningkatan kinerja karyawan.

  • Bagi Akademik

Dalam penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat memahami apa saja yang menyebabkan peningkatan kinerja seorang karyawan sehingga diharapkan ketika mereka terjun dalam dunia kerja dapat kompeten dan kompetitif untuk bersaing di dunia kerja pada masa mendatang.

E.Kajian Teoritis

1.Kinerja Karyawan

a.Pengertian Kinerja

Menurut Mangkunegara (dalam Widodo, 2015: 131) istilah kinerja dari kata job performance atau actual performance (prestasi kerja atau prestasi kerja sesungguhnya yang dicapai oleh seseorang) yaitu hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan padanya. Lebih lanjut Mangkunegara mengatakan bahwa pada umumnya kinerja dibedakan menjadi dua, yaitu kinerja individu dan kinerja organisasi. Kinerja individu adalah hasil dari kinerja pegawai baik dari segi kualitas maupun kuantitas berdasarkan standa kerja yang telah ditentukan, sedangkan kinerja organisasi adalah gabungan dari kinerja individu dan kinerja kelompok. Sedangkan menurut Amir (2015: 5), kinerja adalah sesuatu yang ditampilkan oleh seseorang atau suatu proses yang berkaitan dengan tugas kerja yang ditetapkan. Kinerja bukan ujung terakhir dari serangkaian sebuah proses kerja tetapi tampilan keseluruhan yang dimulai dari unsur kegiatan input, proses, output dan bahkan outcome.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu dalam melakukan suatu pekerjaan, sehingga menjadi sebuah prestasi dalam mencapai tujuan yang ditunjukkan dalam tingkah laku yang ditampilkan.

“Ingin dibuatkan makalah seperti ini??
Butuh Versi Lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no 082138054433″

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *