Pendahuluan

Ekosistem adalah komunitas organisme dan benda mati yang berinteraksi bersama. Setiap bagian dari ekosistem itu penting karena ekosistem itu saling bergantung. Sebagai masyarakat, kita bergantung pada ekosistem yang sehat untuk melakukan banyak hal seperti untuk memurnikan udara sehingga kita dapat bernapas dengan baik, menyerap karbon untuk pengaturan iklim, siklus nutrisi sehingga kita memiliki akses ke air minum bersih tanpa infrastruktur mahal, dan menyerbuki tanaman kita sehingga kita tidak kelaparan. Ekosistem yang rusak atau tidak seimbang dapat menyebabkan banyak masalah.

Indonesia adalah rumah bagi hutan tropis terbesar ketiga di dunia dengan nilai keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Hutan alam Indonesia dihuni oleh berbagai spesies endemik dimana Indonesia memiliki 10% dari hutan tropis dunia yang masih tersisa (walhi.or.id, 2019). Hutan tropis adalah sumber daya yang signifikan secara global karena bermanfaat sebagai penyimpanan karbon, nilai keanekaragaman hayati, berperan dalam mempertahankan mata pencaharian lokal, dan berperan dalam mengatur siklus hidrologi atmosferik di atmosfer.

Pentingnya hutan tropis untuk kesejahteraan global dan kebutuhan untuk segera menghentikan deforestasi dan degradasi hutan memberi konteks pada makalah ini.

Pembahasan

  1. Status Hutan Tropis Indonesia

Pada Forum Hutan Tropis Oslo, Indonesia mendapat pujian besar karena berhasil menghentikan deforestasi, dan menerima banyak janji bantuan dari pemerintah Barat untuk membantu reboisasi dan upaya konservasi. Statistik mendukung klaim tersebut. Hilangnya hutan primer di lahan gambut Indonesia yang dilindungi turun 88 persen pada tahun 2017, ke level terendah dalam beberapa tahun merupakan pencapaian yang mengesankan, mengingat reputasi sebagai negara yang sangat bergantung pada pertanian, termasuk perkebunan, produk (thejakartapost, 2018).

  • Deforestasi Hutan Tropis

Deforestasi hutan tropis mengganggu pergerakan air di atmosfer, menyebabkan perubahan besar dalam curah hujan pada jarak yang sangat luas yang berpotensi menyebabkan kekeringan di wilayah pertanian utama di seluruh dunia.

Daftar Pustaka

Locatelli et al, 2009. Menghadapi masa depan yang tak pasti.Center for International Forestry Research (CIFOR), Bogor, Indonesia.

The Jakarta post. 2018. Tropical forest to the rescue. https://www.thejakartapost.com/academia/2018/07/03/tropical-forest-to-the-rescue.html