Pendahuluan

Teknologi telekomunikasi telah menjadi kebutuhan utama untuk aktivitas sehari-hari. Banyak perusahaan, terutama operator telepon seluler menyediakan fitur tambahan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna mereka. Untuk bertahan, setiap perusahaan harus merumuskan dan menerapkan strategi kompetitif yang dirancang dengan baik.

Analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities dan Threats) atau (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) adalah kerangka kerja yang digunakan untuk mengevaluasi posisi kompetitif perusahaan dan untuk mengembangkan perencanaan strategis. Analisis SWOT menilai faktor-faktor internal dan eksternal, serta potensi saat ini dan masa depan. Analisis SWOT memberi tahu perusahaan di mana ia perlu ditingkatkan secara internal, serta membantu mengembangkan rencana strategis. Lebih lanjut, perusahaan harus menghasilkan dan mengembangkan strategi unik untuk bertahan dalam keunggulan kompetitif saat ini.

Industri telekomunikasi seluler di Indonesia telah mencapai fase matang dengan jumlah perusahaan telekomunikasi seluler nasional melebihi jumlah rata-rata operator di industri yang sama di negara lain. Munculnya pemain baru memicu persaingan harga yang mengakibatkan tingkat pendapatan yang lebih rendah, termasuk Telkom. Persaingan yang semakin ketat membuat posisi Telkom sebagai pemimpin pasar selama dekade terakhir tidak aman.

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa telekomunikasi untuk umum dalam negeri. Telkom adalah penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Dalam rangka mempertahankan dan mempertahankan pertumbuhan dalam lingkungan industri yang kompetitif, Telkom bertransformasi dari Perusahaan InfoComm menjadi perusahaan TIME (Telekomunikasi, Informasi, Media, Edutainment) di tahun 2009 untuk mempertahankan bisnis warisan dan mengembangkan gelombang bisnis baru. Kehadirannya sebagai raksasa penyedia jasa internet menjadi sebuah peluang dan tantangan untuk menarik pelanggan.

Telkom adalah salah satu perusahaan terkemuka dalam industrinya, dan perlu mempertahankan posisi ini. Telkom dengan hati-hati meninjau analisis SWOT dan menggunakannya untuk membuat keputusan strategis. Agar analisis SWOT dilakukan oleh perusahaan, proses interaktif perlu dilakukan dengan mengoordinasikan semua departemen perusahaan seperti keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia, logistik, perencanaan strategis, sistem informasi manajemen, dll.

Analisis SWOT Telkom menganalisis perusahaan dengan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancamannya. Dalam Analisis SWOT Telkom, kekuatan dan kelemahan adalah faktor internal sedangkan peluang dan ancaman adalah faktor eksternal. Analisis SWOT adalah kerangka kerja manajemen yang terbukti yang memungkinkan merek seperti Telkom untuk membandingkan bisnis dan kinerjanya dibandingkan dengan pesaing dan industri. Selain analisis SWOT, strategi unik juga harus dikembangkan oleh Telkom untuk mengungguli pesaing dan mempertahankan eksistensinya.

Pembahasan

  1. Analisis SWOT

Berikut ini adalah analisis Strength, Weaknesses, Opportunities dan Threats (SWOT) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom)  :

Strengths

  • Distribusi dan Jangkauan: Telkom memiliki sejumlah besar outlet di hampir setiap negara bagian, didukung oleh jaringan distribusi yang kuat yang memastikan bahwa produk-produknya tersedia dengan mudah bagi sejumlah besar pelanggan pada waktu yang tepat.
  •  Struktur Biaya: Struktur biaya rendah Telkom membantunya berproduksi dengan biaya rendah dan menjual produknya dengan harga murah, menjadikannya terjangkau bagi pelanggannya.
  • Komunitas Dealer: Telkom memiliki hubungan yang kuat dengan para dealernya yang tidak hanya menyediakan pasokan tetapi juga fokus pada promosi produk dan pelatihan perusahaan.
  • Posisi Keuangan: Telkom memiliki posisi keuangan yang kuat dengan laba berturut-turut dalam 5 tahun terakhir, bersama dengan akumulasi cadangan laba yang dapat digunakan untuk membiayai pengeluaran modal di masa depan.
  • Telkom memiliki basis aset yang besar, yang memberikan solvabilitas yang lebih baik.

Daftar Pustaka

About Telkom Group. https://digitallearning.telkom.co.id/mod/wiki/prettyview.php?pageid=8

Alby, Pradipta Wismaya. 2012. Marketing Strategy Telkom Internet Protocol Television (IPTV) to Increase Subscribers Number for Area Operation Bandung. The Indonesian Journal of Business Administration Vol. 1, No. 4, 2012: 245-250.

Indotelko.com. Siasat Telkom Membangun Era Keemasan Fixed Broadband. 2015. https://www.indotelko.com/read/1421979303/ads?banner=52

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan HUbungi geraijasa.com di no wa 082138054433