A.Pendahuluan

Apple Inc. merupakan salah satu perusahaan paling sukses di dunia. Salah satu produk populer Apple adalah iPhone yang menggabungkan tiga gadget utama yaitu ponsel, iPod video dan akses internet. Apple memiliki dua prioritas yaitu pertama menjaga popularitas iPhone dan menghasilkan produk baru yang mengubah dunia. Kelebihan iPhone pertama hadir dengan kamera 2 megapiksel. Pada tahun 2017 Apple merilis iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, serta iPhone X. Perusahaan memposisikan model 8s sebagai lanjutan dari ponsel sebelumnya dengan peningkatan bertahap. Model X adalah fondasi untuk dekade telepon berikutnya. Fitur telepon termasuk kamera berkualitas lebih tinggi, layar resolusi tinggi, chip A11 Bionic dengan kemampuan kecerdasan buatan, ID Wajah untuk membuka kunci ponsel, dan kemampuan augmented reality (AR).

AR adalah fondasi untuk prioritas kedua yaitu inovasi. Kemampuan AR di iOS 11 menjadikan OS sebagai platform terbesar di dunia untuk augmented reality dan pengembang telah menciptakan lebih dari 1.000 aplikasi dengan fitur AR. AR dapat memberi pengguna ponsel informasi lebih lanjut tentang di mana mereka berada dan apa yang mereka lakukan. Apple mengatakan bahwa AR akan mengubah cara teknologi yang digunakan. Transformasi iPhone terlihat sejak tahun 2007, Apple terus memperbaiki iPhone dan mengarah pada kecanggihan iPhone X yang dramatis pada tahun 2017 dengan teknologi pengenalan tampilan dan desain tanpa tombol tanpa kasa.

Perusahaan yang ingin go internasional harus menawarkan produk ke beberapa pasar di seluruh dunia. Apple menggunakan pendekatan minimalis dengan pengujian kegunaan yang luas untuk menjadi perusahaan go internasional. Steve Jobs berkata, “hal utama dalam desain kami adalah kami harus membuat semuanya secara intuitif menjadi jelas”. Selain itu, perusahaan yang ingin go internasional dapat mencontoh Apple Inc. dalam lingkungan makro yang terdiri dari ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan hukum; lingkungan industri yang terdiri dari daya tawar pemasok, daya tawar pembeli, hambatan masuk, persaingan pasar; dan lingkungan internal terdiri dari aspek keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), pemasaran, operasional, informasi, manajemen dan Teknologi Informasi (TI).

B.Pembahasan

1.Lingkungan Makro Apple Inc.

1)Ekonomi

Kondisi ekonomi dunia juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi proses bisnis Apple Inc. karena perusahaan ini diakui secara internasional. Inflasi, resesi dan mata uang adalah tiga faktor ekonomi penting yang diperhatikan oleh Apple. Misalnya, selama periode inflasi di AS, daya beli semua orang akan berkurang dan penjualan produk Apple di AS juga akan menurun. Karena dolar AS telah kehilangan nilainya, untuk meminimalkan efek inflasi, Apple Corporation telah membeli sendiri mata uang asing. Dengan begitu pendapatan produk mereka di pasar internasional akan meningkat. Karena Apple Inc. sudah masuk ke dalam kondisi ekonomi buruk AS, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dibandingkan dengan negara lain tidak akan menjadi masalah lagi. Ekonomi Apple Inc dapat memengaruhi perusahaan, pemasok, penyedia, pelanggan, dan bahkan mitranya (Apple Inc., 2012).

2)Politik

Faktor politik memberi pengaruh besar pada proses pengambilan keputusan Apple Inc. karena mereka telah mendirikan banyak perusahaan di seluruh dunia. Namun, Apple Inc tidak bisa mengendalikan faktor politik. Sejak 2007 hingga 2009 dilaporkan lebih dari setengah penjualan produk mereka berasal dari negara-negara selain Amerika. Untuk mengurangi biaya operasi mereka, Apple juga menyebarkan produk manufaktur mereka ke berbagai perusahaan di luar Amerika. Cork, Irlandia, Korea, Cina, dan Republik Ceko adalah beberapa negara bagian lain tempat Apple menempatkan perusahaan mereka. Hubungan internasional, perang, terorisme, dan masalah kesehatan masyarakat yang buruk antara AS dan negara-negara bagian ini mungkin memberikan dampak negatif yang dapat merusak reputasi Apple Inc serta proses bisnis mereka. Misalnya, ketika ada ketidakstabilan politik antara AS dengan negara tempat Apple menjalankan bisnisnya, penundaan bisnis dapat terjadi dan akibatnya citra Apple Inc. dapat menjadi buruk bagi pelanggan dan pengecernya. Hubungan politik antara AS dan negara-negara lain tempat Apple Inc. ditempatkan akan sangat penting karena mempengaruhi proses pengambilan keputusan Apple Inc.

3)Sosial

Globalisasi, dunia maya, dan gaya hidup adalah faktor sosial yang memberikan dampak besar bagi pengembangan bisnis Apple Inc. Teknologi telah menjadi media paling penting yang membuat globalisasi ini berkembang lebih cepat dan lebih luas. Dunia virtual yang dapat kita akses ke teknologi saat ini digunakan oleh Apple sebagai peluang bisnis besar dengan mengembangkan banyak media virtual. Pasar musik ke dunia maya memiliki peran besar yang mempengaruhi orang untuk menggunakan dunia maya ini. Apple secara global dipandang sebagai raja teknologi yang disebabkan oleh perkembangan media virtual dan peningkatan desain mereka. Reputasi Apple juga meningkat dan banyak orang mulai menggunakannya dan telah menjadi gaya hidup. Kini Apple diperhatikan sebagai gambaran kehidupan individu modern saat ini. Oleh karena itu faktor sosial berpengaruh positif terhadap Apple Inc.

4)Budaya

Integrasi budaya pasar dan budaya adhokrasi merupakan budaya negara perusahaan Apple yang telah memungkinkan mereka menjadi inovatif. Budaya adhokrasi memfasilitasi motivasi intrinsik melalui kreativitas dan membiarkan karyawan mengambil risiko. Naranjo-Valencia dkk. (2016) mencatat ada korelasi positif langsung inovasi dalam budaya adhokrasi tetapi tidak ada efek inovasi dalam budaya pasar. Reintroduksi kembali budaya adhokrasi Apple setelah penciptaan iPod, memicu kebutuhan akan generasi baru produk dan layanan untuk tetap kompetitif. Apple menyesuaikan produknya di Negara yang dituju dengan cara terus mendorong inovasi dan mendorong karyawan untuk mengambil risiko dan berpikir di luar kotak, dengan memfasilitasi budaya gaya adhokrasi yang lebih baik. Dari asosiasi penjualan hingga eksekutif puncak, Apple dipersatukan oleh budaya umum. Budaya itu memastikan pelanggan Apple menikmati pengalaman yang mereka harapkan setiap kali mereka berinteraksi dengan Apple. Budaya perusahaan Apple yang kuat dapat membuatnya menjadi perusahaan yang go internasional.

5)Teknologi

Saat ini pasar teknologi menjadi lebih luas, sehingga berarti para pesaing Apple Inc. juga akan meningkat. Persaingan juga semakin sulit karena perubahan teknologi dan inovasi berkembang jauh lebih cepat. Akibatnya semua teknologi memiliki masa hidup yang singkat. Itulah mengapa Apple perlu meningkatkan produk mereka lebih sering sehingga mereka akan mengalahkan pesaing mereka dengan mudah. Dalam hal ini Apple akan menginvestasikan banyak modalnya untuk penelitian dan pengembangan produk. Salah satu contohnya adalah Apple menginstal sistem operasi mereknya sendiri, yang meningkatkan biaya produksinya, dan di sisi lain Dell sebagai pesaingnya menggunakan sistem operasi Microsoft di semua produknya.

6)Hukum

Apple secara aktif dan agresif memaksakan hak kekayaan intelektualnya melalui hukum. Apple bekerja sama dengan Business Software Alliance (BSA) dan Software Information Industry Association (SIIA) untuk memerangi pembajakan di seluruh dunia. Apple Inc. seperti perusahaan lain dikondisikan pada undang-undang dan peraturan khusus yang harus diikuti, yang pada akhirnya dapat melakukan backwash pada operasi internasional dan domestik. Hukum yang dibuat untuk operasi domestik atau internasional dapat mempengaruhi iklan, komunikasi, persyaratan privasi data, kesehatan dan keselamatan (Apple Inc., 2012). Applemensyaratkan lembaga pemerintah dan swasta untuk mengikuti hukum dan undang-undang yang berlaku saat meminta informasi dan data pelanggan.

“Ingin dibuatkan Proposal Penelitian seperti ini??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no 082138054433″