Pengaruh Sastra dari Sisi Sosiologi terhadap Masyarakat

Bagian I

Judul proposal penelitian kami adalah “Pengaruh Sastra dari Sisi Sosiologi terhadap Masyarakat. Judul ini dipilih sebab pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang membentuk suatu kelompok bernama masyarakat. Baik di kota maupun di desa, masyarakat adalah sebuah struktur dasar ilmu sosial dimana manusia bisa saling belajar dan memahami manusi satu sama lain. Sastra adalah bagian dari ilmu bahasa yang dirangkai dengan kebaikan dan keindahan. Dalam kehidupan bermasyarakat, sastra juga bisa difungsikan sebagai alat komunikasi secara tidak langsung. Dimana sastra dilihat dari sejarahnya memiliki banyak perubahan seiring dengan perubahan tatanan sosial di dalam masyarakat.

Judul yang diajukan ini tentu saja sangat berkaitan dengan jurusan kami yaitu Manajemen. Manajemen tidak hanya sebatas di bidang ilmu ekonomi saja. Di sisi sosiologi, manajemen juga diperlukan dimana bahasa menjadi jembatan komunikasi untuk mengelola peradaban dan tatanan sosial di tingkat tradisional maupun modern.

Bagian II

Dua rumusan masalah yang dikemukakan di dalam proposal penelitian ini merupakan hasil dari pengamatan kami sebelumnya di lingkungan kampus Universitas Pelita Harapan. Universitas ini berada di kawasan ibukota yang merupakan daerah dengan peradabannya yang modern. Dari sisi sosiologi, kawasan Jakarta, khususnya di lingkungan kami hubungan bermasyarakat sudah mulai bergeser menjadi budaya individualis dimana komunikasi bukan lagi menjadi alat utama dalam kehidupan sosial. Sastra seolah terlupakan berikut nilai-nilai moralnya yang sebenarnya sangat membantu para pembacanya untuk kembali melihat sekitar atau bersosialisasi.

Instrument yang kami pilih adalah adalah survey dengan wawancara dan studi pustaka berkaitan dengan studi sastra. Instrument ini berkaitan dengan tujuan dari penelitian kami, dimana kami ingin menemukan gambaran bagaimana pengaruh sastra dari sisi sosiologi terhadap masyarakat. Intrumen ini juga digunakan mengingat keefektifannya dalam mengumpulkan data sekaligus bisa memberikan gambaran kehidupan sosial  masyarakat di sekitar kami yang bisa jadi mendapatkan pengaruh positif dan negatif dari karya sastra.

Bagian III

Kami memiliki dua orang responden untuk pengumpulan daya. Ketika kami melakukan wawancara terhadap kedua responden tersebut kami cukup antusias untuk menggali informasi dari responden. Sesuai dengan judul penelitian, kami menanyakan kepada responden mengenai pengetahuannya tentang sastra dan fungsi sastra itu sendiri di kehidupan bermasyarakat.  Saat menjumpai responden, kami melakukan beberapa persiapan seperti membuat jadwal pertemuan serta menyiapkan panduan wawancara agar proses interview bisa lebih terarah. Selain itu untuk studi pustaka, kami mencari beberapa sumber karya sastra berikut hasil analisis dari sejumlah peneliti untuk menggali bagaimana hubungan karya sastra dengan kehidupan bermasyarakat.

Bagian IV

Menurut saya, kelompok kami belum berhasil menghubungan teori yang disajikan dengan data penelitian yang sudah diperoleh. Kami rasa kami belum mencari teori yang berkaitan dengan judul penelitian dalam cakupan yang lebih luas, sehingga pengetahuan kami untuk melakukan analisis sedikit terbatas. Meskipun hipotesis yang disampaikan di awal sudah jelas namun di akhir pembahasan kami belum melakukan analisis lebih mendalam. Hal ini dikarenakan keterbatasan datayang kami peroleh dan proses wawancara yang dilakukan kurang mendalam sehingga kami kurang bisa menggali informasi dari responden.

Bagian V

Selama proses penulisan proposal penelitian, Saya sudah melakukan tugas saya dengan baik, begitu juga dengan komunikasi dan kerjasama antara saya dengan anggota kelompok lainnya serta dosen pembimbing. Saya tidak mengalami kesulitan selama proses penelitian karena semua anggota kelompok mampu dan mau melakukan tugasnya dengan baik secara bersama-sama.

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no wa 082138054433

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *