A. Pendahuluan

Pembangunan internasional adalah studi tentang bagaimana para pemimpin dunia, lembaga, masyarakat sipil, dan pemerintah memandang dunia dan masalahnya. Ini adalah studi yang menantang kebijakan, proyek, dan kepentingan yang ditetapkan oleh masyarakat dan lembaga untuk menyelesaikan masalah. Singkatnya, pembangunan internasional adalah studi tentang semua kekuatan global dan saling terkait yang terus-menerus bersaing untuk mendapatkan kekuasaan, dan alat berpikir kritis yang berguna bagi siapa saja yang ingin memberi dampak di dunia (Arianti, 2015).

Dalam kajian pembangunan internasional, banyak isu yang harus dihadapi, antara lain politik dan pemerintahan, pengentasan kemiskinan, kemasyarakatan, isu gender, lingkungan dan keamanan. Isu-isu tersebut penting karena merupakan permasalahan yang harus dihadapi untuk menjamin kesejahteraan masyarakat, baik dalam lingkup internasional maupun nasional.

Dalam esai singkat ini, kita akan membahas keamanan dan pembangunan internasional. Sebagaimana kita ketahui bahwa keamanan telah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kata keamanan sering digunakan secara bergantian dengan istilah seperti perdamaian atau keamanan, atau dalam istilah negatif sebagai ketidakamanan dan bercampur dengan istilah seperti risiko, konflik, kekerasan dan ancaman (Battersby & Roy, 2017). Lebih lanjut dalam wacana hubungan internasional, keamanan didefinisikan dengan berbagai cara: baik sebagai keamanan individu, manusia, dan negara (SIPRI, 2014).

Mengenai hal ini, inti pembahasan esai singkat ini adalah tentang keamanan dan pembangunan internasional. Beberapa hal yang akan dibahas adalah pemahaman tentang topik yang diangkat, kemudian dikaitkan dengan teori-teori tertentu yang terkait dengan pembangunan internasional, serta menjelaskan tentang fenomena yang sebenarnya terjadi dalam kehidupan nyata tentang keamanan dan pembangunan.

B. Diskusi

Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan bahwa ada tiga bagian penting yang akan dibahas dalam essay brief ini yaitu memahami topik kemudian mendeskripsikan kejadian-kejadian yang telah terjadi terkait dengan topik tersebut, bagian pertama pembahasan ini adalah tentang memahami keamanan di pengembangan Internasional. Keamanan secara singkat diartikan sebagai situasi yang bebas dari bahaya, gangguan, ancaman dan dilindungi (KBBI, 2012-2020).

Kata keamanan sering digunakan secara bergantian dengan istilah seperti perdamaian atau keamanan, atau dalam istilah negatif sebagai ketidakamanan dan bercampur dengan istilah seperti risiko, konflik, kekerasan dan ancaman (Battersby & Roy, 2017). Namun definisi keamanan saat ini jauh lebih luas dari itu, karena yang dimaksud dengan keamanan tidak semata-mata terkait dengan keamanan militer, tetapi jauh lebih luas dari itu, karena masalah keamanan saat ini telah berkembang menjadi keamanan manusia (Susetyo, 2008).

Keamanan merupakan masalah dan tantangan dalam pembangunan internasional. Di dunia yang semakin saling berhubungan dan kompleks, keamanan dan pembangunan sangat terkait, terutama di negara-negara berkembang. Ancaman keamanan dapat bersumber dari masalah sosial ekonomi, seperti perampasan sumber daya alam, efek limpahan dari kerusakan lingkungan, ketimpangan ekonomi dan sosial, migrasi ekonomi dan politik, dan bencana alam, dan sebagainya. Namun, selama lebih dari 20 tahun, pembangunan telah dikaitkan dengan keamanan melalui konsep keamanan manusia (SIPRI, 2014).

Keamanan manusia merupakan konsep yang membongkar makna “keamanan” dari konsep tradisionalnya, yaitu melindungi negara dari ancaman militer hingga melindungi masyarakat dan masyarakat. Premis yang ditawarkan dalam konsep human security menitikberatkan pada eksistensi individu, namun secara lebih luas konsepsi ini juga mencakup hal-hal yang berkaitan dengan nilai dan tujuan yang ingin dicapai seperti perlindungan martabat, kesetaraan dan solidaritas individu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa konsep human security menitikberatkan pada keamanan dan perlindungan individu dari berbagai macam ancaman baik kekerasan militer maupun kriminal serta ancaman wabah kelaparan dan penyakit (Sudiar, 2019).

Hubungan antara keamanan dan pembangunan internasional dapat menjadi sangat kompleks, mengingat setiap pembangunan yang lambat akan menimbulkan ketidakpuasan, dan pada saat yang sama munculnya konflik juga akan mengancam pembangunan. Selain itu, berdasarkan Deklarasi Milenium Perserikatan Bangsa-Bangsa 2000, ditekankan bahwa perdamaian dan keamanan merupakan prasyarat untuk pengentasan kemiskinan. Sementara itu, Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) PBB menegaskan kembali bahwa negara-negara yang paling terkena dampak konflik, ketidakstabilan dan pengungsian tertinggal dalam pengentasan kemiskinan. Hal ini seringkali menjadi lingkaran setan, karena guncangan ekonomi seperti tekanan lingkungan, migrasi, dan ketidakstabilan harga pangan, pada akhirnya dapat menurunkan keamanan (SIPRI, 2014).

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no wa 082138054433