Pengaruh Kualitas Layanan pada Loyalitas Pasien: Customer Relationship Management sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Industri Rumah Sakit Swasta di Denpasar)

Masalah

Industri Rumah Sakit Swasta saat ini telah maju dan produktif dengan cepat seiring dengan peningkatan teknologi dan ilmu kedokteran. Keadaan ini mendorong penyedia layanan (dalam kasus ini rumah sakit) untuk menempatkan banyak upaya agar setia kepada rumah sakit.

Industri Rumah Sakit Swasta saat ini telah maju dan produktif dengan cepat seiring dengan peningkatan teknologi dan ilmu kedokteran. Keadaan ini mendorong penyedia layanan (dalam kasus ini rumah sakit) untuk menempatkan banyak upaya agar setia kepada rumah sakit.

Masalah dalam jurnal ini yaitu (1) Apakah Kualitas Layanan mempengaruhi Loyalitas Pelanggan?; dan (2) Apakah Kualitas Layanan mempengaruhi Loyalitas Pelanggan yang dimediasi oleh Customer Relationship Management? Sifat masalah yaitu deskriptif karena penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memeriksa (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien; dan (2) kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas pasien yang dimediasi oleh Customer Relationship Management.

Data & Metode Analisis

Dua jenis data digunakan yaitu primer dan sekunder. Data primer langsung dikumpulkan dari pengisian kuesioner oleh pasien rawat inap di rumah sakit swasta di Bali di mana rumah sakit secara minimal terakreditasi oleh lima standar dan memiliki nilai BOR minimal 50%. Kuesioner menggunakan lima tingkat skala Likert. Data sekunder diperoleh dari sumber-sumber lain seperti catatan medis data pasien di rumah sakit swasta dan data laporan dari rumah sakit swasta di Dinas Kesehatan yang digunakan untuk mengetahui nilai BOR setiap rumah sakit swasta yang diakreditasi oleh lima standar pelayanan. Uji validitas dan reliabilitas dari kuesioner yaitu valid dan reliable. Data yang terkumpul dianalisis dengan Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Berdasarkan karakteristik masalah, penelitian ini dikategorikan sebagai studi kausalitas, yang berarti bertujuan untuk menguji hubungan kausalitas antara variabel dari total kualitas pelayanan, pemasaran interaktif, dan kualitas layanan. Dari sudut pandang peneliti yang berhubungan dengan objek penelitian, studi ini menerapkan penelitian eksplorasi. Dari proses pengumpulan data, studi ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan retrospektif. Hal itu berarti data yang dikumpulkan dari fenomena yang ada tanpa campur tangan peneliti

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no wa 082138054433

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *