Efektivitas Iklan Elektronik terhadap Niat Pembelian Pelanggan: Perspektif Malaysia

Masalah

Munculnya teknologi internet telah menciptakan banyak kesempatan bagi pemasar dan semua yang terlibat dalam lingkungan vertikal untuk menjalankan usaha mereka berdasarkan iklan web. Selain itu, situs yang disediakan oleh perusahaan biasanya menawarkan informasi yang mendalam sementara menyediakan pelanggan layanan elektronik (e-services) kualitas unggul melalui sarana interaktivitas Internet, untuk meningkatkan persaingan antar perusahaan. Oleh karena itu, kebutuhan iklan yang sesuai untuk layanan dan produk tertentu mereka telah muncul, sehingga membuatnya wajib bagi mereka untuk memilih basis iklan yang sesuai target pasar mereka.

Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan peran internet dan efektivitas iklan web terhadap niat beli konsumen di Malaysia. Dalam penelitian ini, kerangka telah dilakukan untuk mengetahui kualitas sebuah website, jaringan sosial dan pengakuan merek yang dianggap di bawah lingkup perilaku konsumen yang dapat berdampak pada sikap pelanggan online dan efektivitas iklan Web. Aspek luar biasa lainnya dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana faktor demografi yang digabungkan dengan pendidikan, tingkat pendapatan, usia dan jenis kelamin akan berdampak persepsi pelanggan online terhadap iklan dan efektivitas iklan elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk melacak kontribusi dari semua faktor tersebut terhadap niat beli pelanggan berdasarkan efektivitas iklan.

Fokus utama dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas iklan elektronik serta atribut web iklan pada niat beli pelanggan, peneliti telah menganggap kualitas website, jaringan sosial dan pengakuan merek dapat berdampak positif pada persepsi pelanggan terhadap iklan berbasis web (iklan elektronik) dan faktor-faktor ini dapat berfungsi sebagai stimulus eksternal yang telah disediakan oleh vendor. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas website, jaringan sosial, pengakuan merek, persepsi pelanggan terhadap iklan web dan iklan yang efektif memiliki dampak positif pada niat pembelian konsumen dan faktor demografi dalam hal ini tidak berpengaruh pada niat pembelian konsumen.

Data & Metode Analisis

Data dari 570 responden dengan pengalaman sebelumnya pada produk dan layanan pembelian online dikumpulkan. Sebanyak 635 ukuran sampel yang ditemukan akan cukup untuk penelitian ini. Sekitar 585 kuesioner diterima. Tanggapan yang memiliki lebih dari 20% dari pertanyaan dalam kuesioner survei yang tidak terjawab atau salah menjawab tidak dipertimbangkan untuk analisis data. Tanggapan yang memiliki beberapa jawaban kosong (kurang dari 20% dari pertanyaan) dan yang melibatkan 5-point pertanyaan interval skala diberikan dengan skala titik tengah dari 3. Setelah proses seleksi dilakukan, hanya 570 tanggapan yang dianggap lengkap dan valid untuk analisis data. Hal tersebut merupakan tingkat keberhasilan 90%, yang dianggap baik dalam pandangan kendala waktu dan biaya.

Sembilan faktor diambil dengan menggunakan metode rotasi Oblimin yang menyatu setelah 14 iterasi. Analisis keandalan dari semua variabel digunakan dalam penelitian ini. Keandalan data akan ditentukan dengan menggunakan SPSS versi 19. Analisis faktor telah digunakan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mendasari terkait dengan 25 item dengan menggunakan Principal Component Analysis (PCA). Langkah-langkah kecukupan sampel Kaiser-Mayer-Olkin (KMO) pertama kali dihitung untuk menentukan kesesuaian dengan menggunakan analisis faktor untuk memprediksi apakah data yang cocok untuk melakukan analisis faktor atau tidak. Nilai KMO bervariasi dari 0 ke 1 dan KMO secara keseluruhan harus 0.60 atau lebih tinggi untuk melakukan analisis faktor. Analisis faktor telah berhasil mengurangi variabel yang mempengaruhi niat beli konsumen dalam jumlah yang lebih kecil dari komponen masing-masing. Analisis regresi memungkinkan proses pengujian hipotesis dimana hasil yang dicapai akan digunakan untuk menentukan hipotesis diterima atau ditolak. Dari analisis, terbukti bahwa semua item yang telah digunakan dalam kuesioner handal dan valid.

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no wa 082138054433

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *