KASUS : Kiva System & Amazon

Ringkasan Kasus

Kiva System, sebuah perusahaan hi-tech yang dibiayai oleh Bain Capital Ventures, membuat sistem pemenuhan pesanan seluler menggunakan robot untuk gudang, yang membantu perusahaan membangun strategi skalabilitas kompetitif. Staples, Walgreens, GAP, dan Toys “R” Us memiliki semua adopsi sistem penanganan material Kiva. Usaha ritel online ditantang meramalkan permintaan dinamis untuk menentukan kapasitas gudang yang sesuai. Usaha ritel online sebelumnya telah mengadopsi sistem korsel dan AS/RSs (yang membutuhkan investasi pada urutan beberapa juta Euro) untuk memenuhi pesanan mereka. Apakah permintaan pasar baik tumbuh atau menyusut, investasi ini dapat mengakibatkan baik kelebihan kapasitas atau kekurangan. Untuk mengaktifkan gudang dan operasi pemenuhan untuk mengakomodasi perubahan permintaan pasar, Kiva menciptakan sistem pemenuhan pesanan seluler yang menggunakan robot untuk memenuhi pesanan. Sistem memungkinkan usaha ritel online untuk membangun sistem Kiva dengan robot lebih sedikit dalam tahap awal, meningkatkan jumlah robot karena permintaan meningkat, sehingga menghindari investasi awal yang besar dan kapasitas terbuang dari sistem korsel bukan skalabel dan AS/RSs. Amazon memiliki sekitar 65 pusat pemenuhan di mana riteler menyimpan produk dan mengisi pesanan di seluruh dunia, yang memanfaatkan berbagai teknologi gudang alternatif sampai tahun 2012, ketika Amazon mengakuisisi Kiva dengan harga perolehan sejumlah $ 775.000.000. Jika Amazon tidak diakuisisi Kiva, dengan uang tunai ini Amazon bisa membeli sejumlah robot tanpa mengganggu dari bisnis inti. Namun, Amazon mungkin mencoba untuk membangun keuntungan strategis atas rival ritel online lainnya dengan akuisisi ini.

Pertanyaan & Jawaban Kasus

1. Apa kompetensi dari sistem Kiva?

Kompetensi adalah karakteristik dasar yang dihubungkan dengan peningkatan kinerjaindividu atau tim. Kompetensi inti adalah sumber daya dan kemampuan perusahaan yang merupakan sumber keunggulan bersaing perusahaan terhadap pesaingnya. Shieh dan Wang (2007) berpendapat bahwa kompetensi inti merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan lebih berhasil dari para pesaingnya dan yang dibutuhkan oleh pasar. Secara khusus, kompetensi dari suatu perusahaan adalah kombinasi sumber daya yang unggul dalam persaingan di seluruh strategi korporasi.

Kiva System merupakan perusahaan yang memroduksi perangkat robot fantastis yang digunakan untuk keperluan gudang produksi. Menurut Mick Mountz, CEO dan pendiri Kiva System, selama sepuluh tahun terakhir, Kiva telah menfokuskan diri pada teknologi penanganan material inovatif. Kiva Systems menggunakan teknologi penanganan material dan perangkat lunak kontrol canggih untuk menyederhanakan operasi, mengurangi biaya dan meningkatkan fleksibilitas (Ibnu Azis, 2012). 

Gagasan utama di balik Kiva Systems, menggunakan ratusan robot mobile untuk membawa persediaan untuk pekerja gudang, dan dengan demikian menyelamatkan mereka dari berjalan maraton setiap hari. Terdapat banyak rintangan yang harus diatasi, dan hanya sebagian yang teknis. Misalnya, meyakinkan retailer yang didirikan untuk merangkul pendekatan yang berbeda secara radikal untuk memesan pemenuhan (kompetensi yang sering merupkan pusat operasi mereka); hati-hati merencanakan dan melaksanakan pengembangan produk dengan arus kas terbatas; mempertahankan budaya perusahaan yang tangkas difokuskan pada pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan baik yang bervariasi dan berubah.

Tantangan terbesar yang dihadapi adalah memberikan solusi teknis baik ekonomis dan kuat. Secara khusus, Kiva menggunakan komputasi dan komponen penginderaan murah, tapi sangat handal untuk membangun sistem yang sangat handal dari komponen elektromekanis murah dan proses manufaktur. Sensitivitas digeser dari subsistem dan proses yang mahal untuk membuat yang tepat, untuk komponen yang akurasi dan presisi dapat dipastikan dengan biaya rendah. Hal ini memungkinkan Kiva untuk merancang robot sangat diandalkan yang dapat membawa beban mulai dari beberapa kilogram untuk setengah ton, dengan berbagai distribusi massa, dengan kecepatan hingga 5 km/h (kecepatan berjalan yang khusus), pada triwulan ketat, tanpa memukul satu sama lain.

Selain itu, dengan memiliki akses ke sejumlah besar data, Kiva dapat merancang adaptasi dan pembelajaran algoritma berbasis model yang meningkatkan kinerja robot dari waktu ke waktu, sementara pada saat yang sama menyediakan mereka dengan diagnosa penting dan metrik kesehatan. Dampak langsung dari keberhasilan Kiva adalah adopsi mobile robot di fasilitas distribusi, pasar multi-miliar dolar. Dampak yang lebih luas menunjukkan a robotika dan otomasi tidak hanya menciptakan pasar baru, tetapi juga merevolusi yang didirikan.

Kunci keberhasilan Kiva pertama kali telah mengidentifikasi kebutuhan nyata berdasarkan pengetahuan segmen pasar yang mendalam. Kiva juga memiliki keterampilan teknis untuk membuat dan melaksanakan visi produk, memiliki kemauan untuk tegas berkomitmen untuk membawa produk ke pasar, dan memiliki sedikit keberuntungan dan waktu yang baik. Tiga tujuan yang lebih luas bagi komunitas penelitian Kiva. Pertama, bersama menentukan standar dan mengembangkan sistem posisi dalam ruangan (IPS) yang robot dapat gunakan. Kegiatan kedua komunitas Kiva harus memberikan kontribusi untuk mengembangkan desain alat yang lebih baik untuk robotika dan sistem otomatisasi. Terakhir, Kiva harus berusaha untuk menyediakan lingkungan di mana pasca PhD dapat menjadi ahli di desain sistem robot, kompetensi yang membutuhkan keluasan dan mendalam (Raffaello D’andrea, 2012).

Sumber:

Abdul Moin. 2003. Merger, Akuisisi dan Divertasi. Edisi 1, Ekonisia, Yogyakarta.

Absah, Yeni, 2007. Pengaruh Pembelajaran Organisasi, Kompetensi, dan Tingkat Diversifikasi terhadap Kinerja Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Utara, Disertasi, Surabaya, Universitas Airlangga.

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no wa 082138054433

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *