Ringkasan Kasus

Johnson & Co. disebut sebagai “perusahaan konsultan manajemen yang paling rahasia, paling bergengsi, paling berhasil secara konsisten, paling dipercaya dan sekaligus paling tidak disukai di seluruh dunia”. Walaupun perusahaan ini tidak mendiskusikan tarifnya, baik perusahaan pesaing dan kliennya setuju bahwa Johnson & Co merupakan perusahaan konsultan manajemen umum yang paling mahal di dunia. Juga diakui sebagai konsultan yang paling kuat, Johnson & Co namanya berperan penting dalam keunggulan bersaing yang berkesinambungan.

Berdasarkan pengukuran dari pertumbuhan volume penjualannya, kinerja Johnson & Co tetap kuat di akhir tahun 1993. Kenyataannya, penerimaannya berlipat ganda antara tahun 1989 dan 1993, menjadi $1,2 milyar. Dengan komitmennya untuk bersaing dengan sukses dalam perekonomian global, Johnson & Co merupakan perusahaan global sungguhan.

Johnson & Co. beroperasi pada 58 kantor yang tersebar di seluruh dunia. Johnson & Co memperleh 60% dari total pendapatanya di luar Amerika. Pasar di Rusia, eropa Timur, Cina dan India dikenal sebagai wilayah penting dalam pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan di masa yang akan datang.

Pesaing, klien, dan analis setuju bahwa budaya Johnson adalah sumber keunggulan bersaing yang saling berkesinambungan. Sebagai pembuktian atas tidak berwujudnya budaya, sekalipun bagi yang terbiasa dengannya, deskripsi berikut mengenai budaya Johnson sebagai sumber keunggulan:

“Adalah budaya yang unik dan eksentrik bagi Johnson yang memisahkan perusahaan tersebut dengan organisasi usaha lainnya dan yang seringkali mengherankan siapapun yang berhubungan dengan pelayanannya”.

Dasar budaya Johnson & Co. dibentuk oleh Martin Hower, pendiri perusahaan. Kenyataannya, banyak bagian Johnson saat ini yang mengacu pada awal tahun 1930an saat Hower memasuki bisnis konsultan. Konsep Hower mengenai bagaimana perusahaan konsultannya harus beroperasi yaitu perusahaan itu harus memberikan saran mengenai praktek manajerial efektif kepada eksekutif puncak.

Sebagai petunjuk bagi para konsultan Johnson, Hower mengembangkan sejumlah prinsip. Johnson harus:

  1. Mendahulukan kepentingan klien sehingga penerimaan perusahaan dapat meningkat
  2. Tutup mulut atas operasi usaha klien
  3. Jujur dan tidak takut menentang pendapat klien
  4. Melakukan hanya pekerjaan yang menurutnya terbaik bagiklien dan dapat dikerjakan dengan baik oleh Johnson.

Orang-orangnya adalah pendukung dan memelihara budaya Johnson. Perusahaan ini terkenal akan kualitas orang-orangnya dan karena mempekerjakan orang yang sama dari waktu ke waktu.

Pertanyaan & Jawaban Kasus

1. Sebutkan dan jelaskan sumber keunggulan bersaing yang berkesinambungan bagi Johnson & Co.

  • Budaya Perusahaan
    Menurut Denison, Daniel R (1990: 2), budaya perusahaan  adalah suatu istilah yang muncul untuk mengartikan variabel-variabel perilaku yang menarik banyak penelitian. Budaya itu sendiri mengacu pada nilai keyakinan dan prinsip-prinsip yang ada sebagai dasar untuk mengelola perusahaan. Dasar budaya Johnson & Co. dibentuk oleh Martin Hower, pendiri perusahaan. Nilai integritas, keteladanan, profesionalime, dan kepuasan pelanggan merupakan budaya perusahaan. Karyawan di dalam perusahaan Johnson & Co. percaya bahwa misi perusahaan adalah untuk melayani orang. Pesaing, klien, dan analis setuju bahwa budaya Johnson adalah sumber keunggulan bersaing yang saling berkesinambungan. Deskripsi mengenai budaya Johnson sebagai sumber keunggulan yaitu “adalah budaya yang unik dan eksentrik bagi Johnson yang memisahkan perusahaan tersebut dengan organisasi usaha lainnya dan yang seringkali mengherankan siapapun yang berhubungan dengan pelayanannya”.

Sumber:

Amirullah dan Hanafi, Rindyah. 2002. Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Denison, Daniel R.1990. Corporate Culture and Organizational Effectiveness. NY. John Willey & Sons.

Gea, Antonius A. 2005. Pentingnya Penghayatan BudayaPerusahaan Dalam Usaha Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan. Character Building Journal Vol. 2 No. 02 Desember 2005.

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no wa 082138054433