BAHASA TERHADAP PERKEMBANGAN ILMU ALAM (DALAM KAITANNYA DENGAN ILMU PENGETAHUAN)

ABSTRAK

Terdapat kaitan antara bahasa dan ilmu pengetahuan khususnya ilmu alam. Makalah ini akan membahas mengenai bahasa terhadap perkembangan ilmu alam dalam kaitannya dengan ilmu pengetahuan. Makalah ini mencoba membuktikan Ha = bahasa mempengaruhi perkembangan ilmu alam atau H0 = bahasa tidak mempengaruhi perkembangan ilmu alam. Metode penelitian deskriptif kuantitatif digunakan dalam makalah ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menerapkan survei berbasis website atau internet dan mengolahnya secara online dengan survei yang dilakukan secara online melalui survei monkey kepada 100 responden mahasiswa. Hasil menunjukkan bahasa mempengaruhi perkembangan ilmu alam.

Kata kunci : Ilmu Pengetahuan, Bahasa, Ilmu Alam

ABSTRACT

There is a connection between language and science, especially the natural sciences. This paper will discuss the language on the development of natural sciences in relation to science. This paper tries to prove Ha = language affects the development of the natural sciences or H0 = language does not affect the development of the natural sciences. Descriptive quantitative research methods used in this paper. The data collection is done by implementing a website or internet-based survey and process it by online with survey conducted by online through monkey survey to 100 respondents of collegians. The results indicated the language affected the development of the natural sciences.

Keywords: Science, Languages, Natural Sciences

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan karena di dukung teknologi yang ada. Teknologi itu berawal dari beragamnya bidang ilmu pengetahuan yang dipelajari. Beberapa diantaranya adalah biologi, fisika, kimia yang dikategorikan sebagai ilmu alam. Dari ketiga ilmu tersebut ditunjang dengan ilmu bahasa, seseorang dapat memperluas wawasannya untuk menciptakan alat yang dapat menunjang hidupnya. Berikut akan dipaparkan kaitan antara bahasa dan ilmu pengetahuan khususnya ilmu alam.

Masalah yang akan diteliti oleh penulis adalah bahasa terhadap perkembangan ilmu alam dalam kaitannya dengan ilmu pengetahuan. Penulis ingin meneliti bagaimana bahasa akan mempengaruhi perkembangan ilmu alam dan penulis juga ingin memberi tahu kyalayak tentang ilmu alam yang akan berkembang karena pengaruh bahasa. Penulis memilih judul ini karena penulis ingin mencari tahu seberapa jauh bahasa akan mempengaruhi ilmu alam di masa depan.

Bahasa sebagai salah satu aktivitas manusia baik penggunaan, kajian, maupun pengajarannya, pada hakikatnya merupakan salah satu sarana terhadap perkembangan ilmu alam. Bahasa dan ilmu merupakan dua hal yang saling berkaitan. Bahasa berperan penting dalam upaya perkembangan ilmu. Upaya-upaya perkembangan ilmu juga tidak mungkin dilakukan tanpa bahasa sebagai media komunikasi. Bahasa dijadikan alat untuk menyampaikan, mengekspresikan atau menjelaskan sesuatu yang dapat dimengerti atau dipahami oleh orang lain. Manusia yang unik terlihat dari kemampuannya berbahasa bukan pada kemampuan berpikirnya. Wittgentein mengatakan Die Grenzen meiner Sprache die Grenzen meiner Welt yang artinya “bahasaku adalah batas duniaku”. Bahasa merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia di dunia ini, karena dengan bahasa manusia bisa berinteraksi dengan sesamanya. Bahasa merupakan sumber daya bagi kehidupan bermasyarakat. Bahasa dapat digunakan apabila saling memahami atau saling mengerti erat hubungannya dengan penggunaan sumber daya bahasa yang dimiliki.

B. Rumusan Masalah

  • Bagaimanakah pengaruh bahasa terhadap perkembangan ilmu alam?
  • Kemajuan apa yang akan dialami oleh ilmu alam akibat pengaruh bahasa?

C. Tujuan

  • Untuk mencari tahu bagaimana berkembangnya bahasa dapat mempengaruhi ilmu alam.
  • Untuk mengetahui kemajuan apa saja yang akan dialami oleh ilmu alam dan bagaimana kemajuan tersebut bisa terjadi.

BAB II

LANDASAN TEORETIS

A. Kajian Teori

1. Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan diambil dari kata bahasa Inggris sciene, yang berasal dari bahasa latin scientia dari bentuk kata kerja scire yang berarti mempelajari, meengetahui. Pertumbuhan selanjutnya pengertian ilmu mengalami perluasan arti sehingga menunjuk pada segenap pengetahuan sistematis yang menjelaskan berbagai gejala yang ingin dimengerti manusia.

Pengertian ilmu pengetahuan adalah sebuah sarana atau definisi tentang alam semesta yang diterjemahkan kedalam bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia sebagai usaha untuk mengetahui dan mengingat tentang sesuatu. dalam kata lain dapat kita ketahui definisi arti ilmu yaitu sesuatu yang didapat dari kegiatan membaca dan memahami benda-benda maupun peristiwa.

The Liang Gie (1987) (dalam Surajiyo, 2010) memberikan pengertian ilmu adalah rangkaian aktivitas penelaahan yang mencari penjelasan suatu metode untuk memperoleh pemahaman secara rasional empiris mengenai dunia ini dalam berbagai seginya, dan keseluruhan pengetahuan sistematis yang menjelaskan berbagai gejala yang ingin dimengerti manusia. Science atau ilmu pengetahuan memiliki arti spesifik yaitu sebagai kajian keilmuan yang tersistematis sehingga menjadi teori ilmiah-objektif dan prediktif.

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no wa 082138054433

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *