Studi Kasus Yahoo!

A. Pendahuluan

Yahoo! Inc didirikan pada tahun 1995 sebagai sebuah organisasi yang beroperasi di domain media digial. Munculnya World Wide Web (www) telah menjadi salah satu faktor utama yang memainkan peran integral dalam pengembangan perusahaan sebagai entitas online terkemuka. Dengan berlalunya waktu, Yahoo! Inc telah berkembang menjadi jaringan kohesif dari tiga domain yang luas, yang dapat diidentifikasi sebagai Communications and Communities; Search and Marketplaces; and Media (Laporan Tahunan Yahoo!, 2011).

Perusahaan ini mengelola konten online dalam seYahoo! r 45 bahasa yang berbeda, sehingga memungkinkan layanan yang akan digunakan oleh penduduk di berbagai negara di seluruh dunia. Saat ini, Yahoo! Inc menyediakan layanan kepada lebih dari 60 wilayah geografis yang berbeda yang diatur oleh kantor yang berlokasi di 30 negara yang berbeda di seluruh dunia. Sebuah ekstensi lebih lanjut dalam domain komunikasi telah jelas dalam bentuk pembentukan portal jejaring Yahoo! sosial seperti Meme dan akuisisi platform jaringan Wretch berdasarkan Asia (Laporan Tahunan Yahoo!, 2011).[1]

Perusahaan telah mengalami pergeseran struktur perusahaan, kinerja keuangan dan prospek masa depan dalam beberapa bulan terakhir. Salah satu perubahan penting dalam hal ini adalah perekrutan Marissa Mayer sebagai CEO baru oleh perusahaan. Kinerja keuangan organisasi telah digambarkan perbaikan sebagai pendapatan bersih dari perusahaan telah tercatat meningkat (Rushe, 2012). [2] Yahoo! Inc perlu memiliki rencana lengkap tindakan dalam hal pengelolaan keuangan perusahaan serta pemasaran berbagai produk dan layanannya untuk mendapatkan posisi yang lebih kuat di pasar. Laporan ini bermaksud untuk memberikan rencana pemasaran yang komprehensif untuk Yahoo! Inc yang dapat mendukung perusahaan tersebut mendapatkan kembali posisi pasar yang signifikan dan menangani persaingan yang kompetitif dari para pesaingnya seperti Google, Inc. Selain itu, laporan ini juga akan memberikan rencana keuangan rinci yang dapat mendukung perusahaan dalam membawa membaiknya prospek keuangan.

B. Sejarah Yahoo!

Berkantor pusat di Sunnyvale, California, Saat ini Yahoo! adalah salah satu situs yang paling populer di Internet, menawarkan pengguna berbagai layanan termasuk e-mail gratis, berita, peta, dan sekuat mesin lengkungan. Ide untuk memulai perusahaan tidak di laboratorium komputer berteknologi tinggi, tapi di trailer kampus di Stanford Universitas di tahun 1994. David Filo dan Jerry Yang, Ph.D. kandidat di Listrik Insinyur di Stanford, mencari cara untuk mengatur situs favorit mereka pada Internet.  Daripada menciptakan index website yang mudah dicari, Filo dan Yang mengorganisir hirarki favorit mereka. Sebagai daftar duo situs pribadi yang tumbuh lebih besar, mereka mulai membongkar situs berdasarkan kategori, kemudian mengulangi proses pembagian sebagai kategori sendiri yang tumbuh terlalu besar. Penciptaan ini kategori dan subkategori dari situs Web favorit menjadi ide mengarah ke penciptaan Yahoo !.

Pada awalnya, Filo dan Yang memilih deskriptif name yang belum biasa” Jerry and David’s Guide to the World Wide Web” untuk ciptaan mereka, tetapi pada bulan April 1994 mengubah nama untuk Yahoo !. Nama membawa the akronim “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” tapi dua pencipta mengklaim mereka memilih nama karena mereka menyukai definisi yahoo yang diberikan dalam Jonathan Swift’s Gulliver’s Travels: seseorang yang “kasar, tidak canggih, dan kasar”. Menyadari mereka telah menemukan sebuah situs yang berpotensi sukses dan menguntungkan, Filo dan Yang dimasukkan bisnis mereka pada tanggal 2 Maret 1995 dan mulai mencari dukungan keuangan. Setelah melempar ide mereka ke beberapa pemodal ventura di Silicon Valley yang kini terkenal, Sequoia Capital – perusahaan yang sama yang diinvestasikan di Apple Computer, Atari, Oracle, dan Cisco Systems – setuju untuk mendanai Yahoo! dengan investasi awal $ 2 juta. Yahoo! sudah bangun dan berjalan dan prima untuk kesuksesan finansial di masa depan.

C. Segment market yahoo

Yahoo! Yang menawarkan Yahoo! Groups. Yahoo! Answers, dan Flickr dan biasanya disediakan untuk pengguna tanpa dikenai biaya. Ketiga layanan tersebut termasuk dalam User-Generated Content produk Yahoo! memungkinkan pengguna untuk membuat, berbagi, dan menemukan ide-ide, kepentingan, dan fotografi dengan dunia. Segmentasi Yahoo! Communication termasuk  Yahoo! Mail, Zimbra Mail, dan Yahoo! Messenger dan menyediakan cakupan luas layanan komunikasi untuk pengguna.[3]

Yahoo! Search tersedia gratis untuk pengguna Yahoo! dan sering berfungsi sebagai titik awal dari mana mereka menavigasi internet untuk mencari dan menemukan informasi yang penting bagi mereka. Yahoo! Search menyediakan pengguna dengan kemampuan pencarian gratis, menawarkan hasil pencarian yang kaya peringkat dan terorganisir berdasarkan relevansi dengan permintaan pencarian setiap pengguna.

Yahoo! News menyediakan original, premium, mitra, dan berita sindikasi melalui teks, foto, dan video untuk melibatkan pengguna dengan luas, up-to-the-menit cakupan dan analisis dalam berita acara topikal. Selain itu, juga memiliki sejumlah kemitraan konten kunci di tempat, termasuk kemitraan dengan ABC News, CNBC, dan NBC Sports.

Yahoo! Sports melayani salah satu penonton terbesar dari penggemar olahraga digital di dunia. Yahoo! Sports menjadi Fantasy Sports, pelaporan editorial, skor real-time, statistik dan berita, liputan peristiwa olahraga terbesar di dunia, dan premium cakupan olahraga perguruan tinggi melalui jaringan Rivals penerbit Yahoo! .

D. Tahap perkembangan bisnis

Meskipun menjalankan berbagai produk dan jasa, Yahoo! memiliki struktur perusahaan yang cukup sederhana dengan dua jalur utama bisnis. Salah satu cara Yahoo! menghasilkan pendapatan adalah dengan menyediakan jasa pemasaran untuk bisnis di seluruh mayoritas produk dan layanannya. Yahoo! Mengenakan biaya klien bisnis baik (1) untuk iklan yang muncul di situs Yahoo! ketika kata kunci tertentu diketik ke dalam kotak pencarian atau ketika sebuah portal pengguna Yahoo! melihat konten tertentu dan (2) untuk menempatkan ditargetkan, kontekstual yang relevan iklan di afiliasi situs Yahoo! (disebut “tayangan”). Yahoo! memperoleh pendapatan baik ketika pengguna melihat iklan tayangan atau ketika pengguna mengklik iklan link atau yang ditawarkan di situs afiliasi. Tingkat “Click-thorugh” ini adalah alat yang sangat berguna dalam mengukur profitabilitas Yahoo!, dan sementara secara tidak eksplisit diterbitkan oleh Yahoo !, itu jelas sebanding dengan ukuran Yahoo!’ berbasis pengguna.[4] Pendapatan ini diklasifikasikan sebagai jasa pemasaran. Yahoo! juga mendatangkan keuntungan dengan membangun hubungan membayar dengan pengguna untuk layanan premium, diklasifikasikan sebagai biaya. Pada tahun 2006, jasa pemasaran Yahoo! menyumbang 88% dari total pendapatan sementara biaya dihitung hanya 12%.[5]

Yahoo! terus meluncurkan, meningkatkan, dan skala produk dan fitur untuk memenuhi berkembang kebutuhan pengguna, pengiklan, penerbit, dan pengembang. Sebagian besar produk software Yahoo! dan fitur yang dikembangkan secara internal oleh karyawan Yahoo! . Dalam beberapa kasus, bagaimanapun, Yahoo!  bisa membeli teknologi dan lisensi hak kekayaan intelektual jika kesempatan yang strategis selaras, operasional kompatibel, dan ekonomis menguntungkan. Biaya pengembangan produk untuk tahun 2010, 2011, dan 2012 mencapai seYahoo! r $ 1 miliar, $ 919.000.000, dan $ 886.000.000, masing-masing, termasuk biaya kompensasi berbasis saham dari masing-masing $ 107.000.000, $ 90.000.000, dan $ 74.000.000.[6]

Yahoo! Inc (Yahoo atau perusahaan) adalah sebuah perusahaan media digital yang memberikan konten digital pribadi dan pengalaman, di berbagai macam perangkat. Perusahaan ini beroperasi di Amerika, EMEA dan Asia Pasifik. Yahoo berkantor pusat di Sunnyvale, California, dan mempekerjakan 13.600 orang pada akhir TA 2010. Perusahaan mencatat pendapatan dari $ 6,324.7 juta selama tahun buku yang berakhir Desember 2010 (TA 2010), penurunan sebesar 2,1% dibandingkan dengan tahun 2009. Laba operasi perusahaan adalah $ 772.500.000 di FY2010, meningkat 99,8% dibandingkan tahun 2009. laba bersih adalah $ 1,231.7 juta pada FY2010, dibandingkan dengan laba bersih sebesar $ 598.000.000 pada tahun 2009.[7]

E. Analisa performa keuangan Yahoo!

Analisis keuangan Yahoo Inc saat ini didasarkan pada informasi keuangan terbaru yang tersedia tentang perusahaan melalui sumber-sumber yang kredibel seperti laporan tahunan dan profil keuangan perusahaan. Kinerja keuangan organisasi tidak dapat dikategorikan sebagai menjanjikan sebagai perusahaan yang tidak tumbuh signifikan. Indikator keuangan perusahaan menentukan bahwa organisasi membutuhkan perubahan besar tidak hanya dalam hal kinerja keuangan tetapi dalam aspek lain dari operasi bisnis juga. CEO baru dari organisasi bertekad untuk mencapai tujuan tersebut melalui pergeseran rajin kebijakan perusahaan, meningkatkan fokus pada teknologi dan membangun kontrak signifikan dengan pemasok lain. Tabel 1 diberikan di bawah ini menunjukkan laporan laba rugi dari Yahoo! Inc, menunjukkan perubahan posisi keuangan perusahaan dari tahun fiskal 2009-2011.

Laba bersih perusahaan adalah $ 1, 231, 663 di tahun 2010 sedangkan menurun hingga $ 1, 048, 827 pada tahun 2012 yang secara signifikan lebih rendah dari pendapatan tahun sebelumnya. Ini adalah keprihatinan bagi pemegang saham organisasi. Pendapatan dari perusahaan telah jatuh dari $ 6, 324, 651in tahun 2010 menjadi $ 4, 984.199 di tahun 2011. kekhawatiran mengenai generasi pendapatan jatuh serius diambil oleh perusahaan. Hal ini membutuhkan diversifikasi dan fokus pada basis pendapatan saat ini.

Perubahan pendapatan tahunan disesuaikan kini menurun dengan cepat. Penurunan pada tahun 2011 saja sudah 43%. Sebuah keseluruhan strategi baru – bukan mengejar pemain lama setelah didirikan – bisa me-restart pertumbuhan pendapatan di jalan besar.

Perbandingan dengan pesaing juga signifikan dalam rangka untuk mengidentifikasi tren keseluruhan dari kegagalan pasar atau alasan eksternal untuk penurunan pendapatan. Pesaing utama dari Yahoo! Inc dapat disebut sebagai Google, AOL, dan MSN. Perbedaan antara posisi keuangan Yahoo dan pesaingnya terbukti dari tabel 2 di bawah ini.

Perusahaan ini memiliki rasio yang relatif stabil dari margin kotor dibandingkan dengan Google sedangkan pertumbuhan pendapatan kuartalan diwakili dalam negatif menjelaskan bahwa organisasi tersebut kehilangan pangsa yang ada di pasar. Ini bukan kondisi yang menguntungkan untuk memfasilitasi pertumbuhan di masa depan calon. Upaya perusahaan untuk membalikkan situasi sekarang tahun 2011 khususnya dapat dianggap sebagai langkah ke arah yang benar, dan perubahan dalam strategi yang tak terelakkan untuk mencapai target pertumbuhan dan stabilitas keuangan.

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no wa 082138054433

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *