A. Pendahuluan

Pada tanggal 9 Mei 2009, Perusahaan manufaktur farmasi Jepang, Eisai mengancam Pfizer untuk mengakhiri persekutuan jangka panjangnya mengenai kabar pengajuan akusisinya bersama perusahaan Wyeth. Venture Eisai dengan Pfizer melakukan perjanjian kembali hingga pertengahan 1990-an ketika Pfizer masuk ke dalam sebuah aliansi untuk menjual Aricept Eisai, obat terkemuka di dunia untuk pengobatan penyakit Alzeimer. Bermaskas besar di Kota New York, Pfizer menghasilkan sekitar $482 miliar di tahun 208 dari penjualan Arixept, sebuah peningkatan 20% dari 2007. Pfizer berjanji untuk berjuang kembali, mengklaim bahwa Eisai kekurangan dasar hukum apapun untuk mengakhiri aliansi mereka.

Pfizer adalah salah satu perusahaan farmasi terkemuka di dunia, dan menjadi satu-satunya yang terkemuka di pasar Amerika Serikat. Perusahaan Amerika berbasis penelitian umumnya beroperasi di dalam dua  area, industry pengobatan manusia dan industry perawatan kesehatan kosumen. Kunci utama dari Pfizer adalah misalnya Lipitor, Viagra, Xanax, ThermaCare, dan Centrum. Pasar utama Pfizeruntuksaham biasa di Bursa Saham New York; Pfizer lebih jauh terdaftar di Bursa Saham London, Euronext dan Swiss, serta beberapa bursa saham regional di Amerika Serikat. Di tahun 2012, Pfizer memiliki saham pasar  6.6% pada pasar Amerika Serikat untuk farmasi. Competitor utamanya adalah Merck & Co Inc (6.3%), Novartis (6.0%), dan Astrazeneca (5.7%). Pfizer beroperasi di lebih dari 80 negara di seluruh dunia, di beberapa pasar Negara maju (misalnya, Jerman, Austria dan Inggris), serta di pasar negara-negara baru dan berkembang misalnya (Brazil, Argentina dan Rusia).[1]

Makalah ini bertujuan untuk mereview sejarah Pfizer, menguji kekuatan Pfizer bermain di industri farmasi secara keseluruhan dan memberikan analisa keuangan tingkat tinggi perusahaan. Ada banyak isu strategis yang dihadapi Pfizer selama ini serta diperlukan analisis strategi untuk bias menerapkan solusi dalam memenuhi tantangan di industri farmasi secara global.

B. Sejarah Pfizer

Pfizer memulai perusahaan raksasa farmasi global secara sederhana di sebuah bangunan batu bara di Brooklun, New York pada tahun 1849. Pfizer menggunakan modal $ 2.500 yang dipinjam dari ayahnya, Charles Pfizer yang kemudian mendirikan Charles Pfizer & Co dengan sepupunya Charles Erhart. Sepupunya adalah pengusaha muda dari Jerman juga ingin membawa bahan kimia yang saat itu tidak ditemukan di AS untuk pasar Amerika. Produk pertama perusahaan Pfizer adalah candy cone, dibuat dengan menggabungkan santonin (obat cacing, atau agen yang merusak cacing dan digunakan untuk menghilangkan cacing parasite internal pada hewan dan manusia) dengan rasa almond-toffee. Obat lezat tersebut menjadi cika bakal kesuksesan perusahaan yang baru saja dibangun tersebut.

Di tahun 1857, perusahaan tersebut membeli 72 hektar di sekitar bangunan Brooklyn yang asli dan kemudian mendirikan sebuah kantor di Manhattan yang kini menjadi jantung distrik obat dan kimia di New York. Adanya perang saudara di Amerika menjadi anugerah besar bagi Pfizer untuk memperluaskan produksi guna memenuhi kebutuhan obat tentara Union, yakni obat penghilang rasa sakit, pengawet dan desinfektan. Didorong oleh tuntutan perang, pendapatan Pfizer naik dua kali lipat antara 1860 dan 1868. Asam sitrat (asam Kristal bening, tidak berwarna diperoleh dari fermentasi karbohidrat dan lemon, jeruk nipis atau jus nanas) adalah produk utama Pfizer pada tahun 1880 di abad ke-20, merupakan sebuah periode waktu dimana Pfizer menjadi produser asam sitrat terkemuka di Amerika. Asam sitrat digunakan untuk soda dan magnesium (obat pencahar). Seiring dengan penggunaan soda yang kemudian berurat akar di Amerika, Pfizer mencari cara untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dan menjadi yang pertama kali menghasilkan asam sitrat dalam jumlah besar. Keberhasilannya ini menyebabkan pertumbuhan besar untuk Pfizer dan perusahaan menambahkan kantor di Chicago, Illinois pada tahun 1882. Pada tahun 1891, Charles Erhat meninggal dunia dan Charles Pfizer membeli sebagian perusahaan sepupunya sebesar $ 250.000 guna mengembangkan kepemilikan perusahaan.

Pada tahun 1990, Pfizer melakukan percepatan bisnis untuk menjadi pemimpin pasar dalam penemuan dan produksi sejumlah obat yang mengubah hidup. Pfizer memimpin pasar di Vitamin C dan Penisilin serta berbagai produk farmasi lainnya. Dengan mengambil tongkat dari Penisilin, para ilmuwn Pfizer mulai meneliti cra menciptakan banyak jenis antibiotic. Obat Terramyxin, antibiotik spectrum diproduksi secara luas pertama kali pada tahun 1950, merupakan obat pertama yang dibuat sendiri oleh para ilmuwan Pfizer. Menyadari nilai bisnis “memiliki” hak paten obat daripada linsensi orang lain lebih penting, Pfizer kemudian menjual hak Terramycin untuk dirinya sendiri. Dengan pendekatan yang menguntungkan ini, Pfizer kemudian lebih fokus pada penelitian.[2]

Pada tanggal 22 Juni 1942, 250.000 saham biasa dari Pfizer dijual dalam penawaran umum perdana Perusahaan. Segera setelah itu, Pfizer membuat dorongan internasional, membuka operasi di Belgia, Brasil, Kanada, Kuba, Inggris, Meksiko, Panama, dan Puerto Rico. Dalam rangka untuk meningkatkan pertumbuhan internasional ini, Pfizer mengakuisisi sejumlah perusahaan. Sebagian karena akuisisi ini dan sebagian karena penemuan lanjutan dan produksi obat baru, Pfizer melewati ambang penjualan miliar dolar pada tahun 1972. Ledakan pertumbuhan terus sejak tahun 1972 dengan menekankan strategi model berbasis penelitian. Sekarang, pendapatan Pfizer adalah sekitar $ 48 miliar per tahun dan Perusahaan menghasilkan banyak obat terkemuka di dunia dan produk konsumen.

Pfizer merasa dirinya adalah sebagai Corporate Citizen, yang bertugas tidak hanya terdiri dari mengembangkan inovasi obat-obatan, namun juga memastikan aksesibilitas obat-obatan ini untuk manusia. Dari informasi yang diberikan dari website perusahaan, berikut ini pernyataan misi yang dirumuskan:[3]

 “Pfizer uses science and its global capabilities, in order to improve health and quality of life in every stage of life – Working Together for a Healthier World.”

Visi visnis Pfizer adalah ‘ “to innovate to bring therapies that significantly improve patients’ lives”. Agar bias memenuhi visi tersebut, perusahaan focus pada Research and Development dan bekerja untuk menerjemahkan teknologi terbaru dan ilmu pengetahuan ke dalam terapi yang mungkin berguna untuk sebagian besar pasien.

Pfizer memiliki empat tujuan strategis utama: “innovation and leading, maximizing value, earning greater respect and the ownership of their work”.[4] Untuk mencapai tujuan pertama “innovation and leading”, perusahaan mencari untuk meningkatkan kemampuan berinovasi di dalam Research & Development, dan ingin berlanjut mengembangkan vaksin dan obat yang bernilai tinggi dan sangat berbeda. Untuk memaksimalkan nilai, Pfizer berinvestasi dan mengalokasikan sumber-sumber secara memadai untuk menciptakan pengembangan jangka-panjang terbesar bagi para pemegang saham. Artinya bahawa Pfizer mengkonsentrasikan dirinya sendiri pada pusat bisnisnya dan menjual, contohnya, saat ini Bisnis Nutrisi dan Kesehatan Hewan. Mereka lebih lanjut memperkenalkan program luas perusahaan untuk mengurangi biaya. Tujuannya mendakatkan kehormatan yang lebih besar termasuk bertujuan menghasilkan terobosan terapi, meningkatkan akses ke pasar dan melawan obat-obatan standar palsu, memperluas dialog tentang perawatan kesehatan dan, sebagaimana telah disebutkan, bertindak seperti Company Citizen yang bertanggung jawab. Tujuan strategis keempat terutama menyangkut isu-isu internal dan terdiri dari bangunan dan mempertahankan budaya kewirausahaan, serta membangun budaya tim dalam perusahaan tersebut.

C. Segmen Pasar Pfizer

Pfizer adalah salah satu perusahaan farmasi tertua dan terbesar di Amerika Serikat. Perusahaan tersebut memulai sebagai sebuah perusahaan pengolahan kimia. Selanjutnya, Pfizer muncul sebagai sebuah raksasi farmasi. Perusahaan tersebut memiliki dua segmen pasar utama:

  1. Biopharmaceutical
  2. Consumer Healthcare

Selanjutnya, sejak tahun 2014, perusahaan Pfizer memperkenalkan struktur baru untuk operasi komersialnya. Struktur ini membagi bisnis atas dua kelompok – Bisnis Produk Inovatif dan Bisnis Produk Tetap. Kedua kelompok tersebut selanjutnya dkasifikasikan ke dalam tiga segmen bisnis:

  1. GIP (Global Innovative Pharmaceutical) segment
  2. GVOC (Global Vaccines, Oncology and Consumer Healthcare) segment
  3. GEP (Global Established Pharmaceuticals) segment

Bisnis farmasi ini menawarkamn produk kesehatan manusia untuk pengobatan penyakit jantung, gangguan sistem saraf pusat, arthritis dan nyeri, infeksi dan pernapasan penyakit, kondisi urogenital, kanker, penyakit mata, gangguan endokrin, dan alergi, antara lain. Pfizer juga terkenal dalam menawarkan obat-obatan resep dan banyak produk medis over-the-counter. Obat over-the-counter terdiri dari obat perawatan mulut, kesehatan pernapasan karena ketergantungan tembakau, kulit dan perawatan mata, dan pertumbuhan rambut. Selain itu juga divisi animal healthcare yang menawarkan obat-obatan untuk ternak dan hewan peliharaan. Perusahaan juga memproduksi kapsul gelatin kosong dan terlibat dalam memproduksi kontrak dan obat-obatan massal / bahan kimia, yang diklasifikasikan di bawah bisnis “perusahaan/lain-lain”.

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no wa 082138054433