BAB I Pendahuluan

A Latar Belakang

Good Government Governance (GGG) mengandung lima prinsip yaitu transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, kemandirian, dan keadilan (Pratolo, 2010). Jika prinsip-prinsip tersebut diterapkan dalam suatu pemerintahan daerah, maka GGG akan tercapai dan kinerja suatu pemerintahan akan semakin baik.

Seperti yang diungkapkan Hardiwinoto (2004), prinsip tata kelola yang baik akan menjamin terciptanya pertumbuhan ekonomi. Prinsip-prinsip ini mungkin mencerminkan kinerja pemerintah untuk periode tertentu. Kinerja pemerintah daerah penting untuk diketahui publik.Kinerja pemerintah daerah adalah kinerja perseorangan atau kelompok dalam kurun waktu tertentu. Kinerja pemerintah daerah dapat diukur dengan beberapa indikator seperti Value for Money (VFM) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP). Selain itu, baik buruknya kinerja suatu pemerintah daerah dapat dilihat dari opini yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) setiap tahunnya.

Dalam sistem wilayah saat ini, pemerintah daerah di tingkat Kabupaten/Kota memiliki kewenangan penuh untuk mengelola daerahnya, termasuk pengaturan pendapatan dan belanja daerah. Dengan tersedianya dana bagi mereka, baik dari pendapatan daerah maupun transfer dari pemerintah pusat dan Provinsi, pemerintah daerah mengalokasikan belanja mereka untuk program dan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat di daerahnya. Dengan jumlah Daerah Otonomi Baru (DOB) terbesar di Sumatera maka perlu dilakukan evaluasi terhadap upaya pemerintah daerah dan kinerjanya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Penelitian tentang kinerja pemerintah daerah di Sumatera terutama di Kabupaten Kepulauan Mentawai belum pernah dilakukan sebelumnya. Oleh karena itu, penelitian ini akan memberikan wawasan baru tentang bagaimana meningkatkan kinerja pemerintah daerah di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

B Permasalahan

Pendapatan per kapita sering digunakan sebagai tolok ukur kemakmuran dan tingkat pembangunan sebuah daerah.

Gambar 1. Perkembangan Laju Inflasi Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat dan Nasional, 2011-2014

Gambar 2.2 dapat dilihat bahwa pola inflasi tahunan Kabupaten Kepulauan Mentawai selama tahun 2011-2014 menunjukkan perkembangan yang fluktuatif. Pola inflasi Kepulauan Mentawai dapat dipertahankan lebih rendah dari inflasi provinsi dan nasional sejak tahun 2014 (RPJPD Kab. Kep. Mentawai Tahun 2005-2025).

Masyarakat di Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan pendapatan tinggi akan memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap kinerja pemerintah daerahnya. Rata-rata, warga dengan pendapatan lebih tinggi memiliki tingkat pendidikan dan pengetahuan yang lebih tinggi daripada warga miskin. Dengan pendidikan dan pengetahuan yang lebih tinggi, muncul harapan yang lebih tinggi terhadap kinerja pemerintah mereka. Tuntutan warga pun semakin meningkat. Hal tersebut memotivasi pemerintah untuk tampil lebih baik, memenuhi tuntutan dan harapan rakyatnya. Warga yang lebih mampu secara finansial adalah kontributor utama pajak, sumber pendapatan yang sangat besar bagi pemerintah daerah. Dari perspektif wajib pajak, warga cenderung mengawasi arus kas pemerintah daerahnya. Apakah pengeluaran pemerintah sejalan dengan program yang direncanakan? Apakah program dan acara ini secara signifikan meningkatkan kesejahteraan? Pertanyaan-pertanyaan ini, beserta pengawasan yang dihasilkannya, memotivasi pemerintah untuk berupaya meningkatkan kinerja mereka.

BAB II Pembahasan

1 Landasan Teori

Kinerja pemerintah daerah menurut Mahsun (2006), kinerja adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan atau program atau kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, misi dan visi organisasi yang tertuang dalam strategic planning suatu organisasi.

Indikator kinerja merupakan ukuran kualitatif dan kuantitatif yang menggambarkan tingkat pencapaian tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan (Garnita, 2008). Indikator kinerja mencakup banyak hal, tetapi organisasi melihat pada masukan, keluaran, hasil, manfaat, dan dampak dari program kerja organisasi.

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no wa 082138054433