Analisis Media Sosial Ditinjau Sosial, Budaya, POlitik, Ekonomi

A. Pendahuluan

Jumlah pengguna internet menyadari meningkat drastis. Selain itu, jumlah orang membeli komputer untuk digunakan di rumah, meningkat dan internet memantapkan dirinya sebagai kebutuhan dasar. Semakin besar komunitas online tumbuh dan pengguna lebih banyak waktu yang dihabiskan di internet, semakin adalah persyaratan kerangka bertemu untuk Social Network.

Jaringan sosial telah menjadi sangat populer sejak booming pada tahun 2003. Keragaman besar pengguna dengan latar belakang yang berbeda telah menciptakan dunia kecil, digital di web. Dengan basis pengguna yang terus berkembang, perusahaan telah menemukan potensi komunitas-komunitas digital dan mencoba sejak mendistribusikan dan mengiklankan produk dan layanan mereka atas platform ini. Definisi “media social” dan “jaringan social” sering digunakan secara sinonim. O’Reilley (2005) sendiri mendefinisikan ciri penting Web 2.1 berupa “ pembangunan perisian yang membolehkan penglibatan massa dalam aktivitas sosial dan kolektif”.[1]

Dengan media sosial, komunikasi menjadi lebih mudah baik secara langsung maupun dengan objek media, seperti foto atau video. Masyarakat dan jaringan merupakan bagian penting dari itu,  arena tanpa mereka konten tidak bisa dibagikan. (Safko 2010, 4;).[2] Analisis lingkungan merupakan alat strategis untuk mengidentifikasi semua elemen eksternal  dan internal yang mempengaruhi kinerja sebuah organisasi bisnis. Dengan pasar yang selalu mengalami perubahan setiap harinya, maka banyak hal yang perlu di analisis dari lingkungan internal seperti kelebihan dan kekurangan. Analisis lingkungan internal menggunakan analysis SWOT yang dalam kasus ini adalah Strength dan Weakness yang akan menganalisis media social Path, Line, Instagram, dan Facebook.

B. Pembahasan

1. Path

Social

  • Kelebihan:Angka anggota aktif Path di Indonesia pun ternyata yang terbesar di dunia, dengan jumlah mencapai kisaran 4 juta orang. Para pengguna Path dari Indonesia ini sangat aktif dan setiap harinya menyumbang sekitar setengah dari keseluruhan aktivitas di Path.
  • Kekurangan: Path sejatinya adalah jejaring sosial yang bersifat personal. Jejaring sosial ini sengaja membatasi jumlah pertemanan hanya untuk 150 orang, untuk mengembalikan “arti berjejaring yang sesungguhnya”.

Budaya

  • Kelebihan:Path menjadi trend terbaru di masyarakat Indonesia terutama anak–anak muda. Masyarakat Indonesia yang mengikuti trend penggunaan Path menunjukkan berbagai aktivitas kesehariannya melalui Path. Aktivitas di Path–lah yang nantinya menunjukkan karakter dari pengguna Path, dan juga bagaimana seseorang menggambarkan sosok atau jati diri yang diinginkannya atau yang dikenal denga n istilah citra diri.
  • Kekurangan

Politik

  • Kelebihan:Path tidak bakal berubah menjadi alat politik meski salah satu investornya berlatar belakang politikus. Path dirancang sebagai sarana berbagi dan berkomunikasi dengan teman dekat atau keluarga. Karena itu, Morin tidak memberikan akses kepada investornya untuk mengolah atau mengambil informasi para pengguna.
  • Kekurangan

Ekonomi

  • Kelebihan
  • Kekurangan:Tidak ada akun official dari suatu brand yang dapat diikuti pengguna di Path. Jadi, pertanyaan mengenai bagaimana iklan akan tepat sasaran pun masih menggantung di kepala.

2. Instagram

Social

  • Kelebihan:Instagram merupakan salah satu media social berbasis sharing foto yang cukup popular di dunia. Hanya dalam empat tahun terakhir, Instagram diperluas untuk lebih dari 200 juta pengguna aktif bulanan. Ada lebih dari 30 miliar foto bersama, dengan 70 juta foto rata-rata upload setiap hari. Dan ada 25 miliar seperti pada konten per hari. Instagram berhasil menciptakan sebuah tren di lingkungan social, dimana banyak orang ikut mempopulerkan tren mulai dari fashion, hobi, spot wisata.
  • Kekurangan:Sosial media Instagram justru membawa tren – tren yang mengganggu lingkungan. Ada orang yang melakukan tren-tren ekstrim hanya untuk mendapatkan foto Instagram yang menarik. Hal ini sangat membahayakan orang-orang yang merasa terilhami dengan tren di Instagram.

Budaya

  • Kelebihan: Instagram merupakan sosial media yang mampu mengubah dunia dari semua aspek. Semua orang belajar dari Instagram mulai dari budaya berpakaian, budaya berpolitik, berbisnis hingga budaya interaksi dengan sesama manusia. Meskipun Anda dapat melihat pics di komputer, Anda tidak dapat selalu mengirim dari komputer. Dengan demikian, pasar yang melihatnya kemungkinan besar akan orang-orang yang hidup dan mati oleh ponsel mereka. Terbaik dari semua, ini adalah orang-orang yang SUDAH digunakan untuk dipasarkan ke melalui ponsel mereka.
  • Kekurangan:Instagram hanya bergantung pada gambar. Itu berarti Anda harus sangat memperhatikan gambar yang Anda posting karena gambar yang akan menarik pengikut. gambar miskin akan memiliki orang-orang yang mengikuti Anda melewati masa lalu Anda dalam umpan mereka dan tidak membaca pesan dalam deskripsi Anda..

Politik

  • Kelebihan:Instagram adalah sebuah platform media sosial yang besar untuk memanusiakan sebuah organisasi atau kampanye. Misalnya, bisa santai memposting gambar relawan bekerja keras selama acara, gambar dari keluarga yang telah diuntungkan dari layanan, atau bahkan tindakan pemungutan suara sederhana untuk lebih kampanye advokasi semua menyediakan cara untuk menunjukkan akuntabilitas dalam positif , cara yang ramah. Semua hal di atas dan lainnya membuat Instagram alat kampanye advokasi yang unik dan kuat.[3]
  • Kekurangan:Kampanye politik melalui Instagram yang berbasis media gambar ini justru semakin meningkatkan potensi SARA karena gambar justru memiliki visual kuat dalam menggambarkan serangan politik antar lawan politik

Ekonomi

  • Kelebihan:Dengan basis pengguna aktif bulanan nya, Instagram adalah posting lebih dari 95 juta foto / video setiap hari. Dengan basis pengguna yang besar interaktif, menyajikan sebagai kesempatan besar bagi semua types.Instagram bisnis memberikan Anda akses langsung ke pelanggan Anda. Ini memberi Anda target pasar berdasarkan lokasi yang dapat langsung memberikan keunggulan atas pesaing Anda. Hari ini, ada kurang dari 20% merek yang menggunakan Instagram untuk bisnis, jelas menunjukkan bahwa pesaing Anda lambat dalam mengadopsi itu, langsung memberikan keunggulan untuk menangkap pasar melalui platform ini.
  • Kekurangan:Facebook membeli Instagram untuk jumlah uang konyol adalah sesuatu yang harus diperhatikan bukan karena harga tapi karena apa yang mengungkapkan tentang pandangan Facebook bagaimana itu sendiri. Pada Breakingviews, Robert Cyran berpikir akuisisi langkah defensif oleh Facebook, ingin mempertahankan “cambuk tangan” di ponsel sharing foto.

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no wa 082138054433

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *