A. Pendahuluan

Menurut EKMA5207 Manajemen Sumber Daya Manusia, manajemen sumber daya manusia (MSDM) merupakan salah satu bidang dari manajemen umum yang meliputi segi segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. proses ini terdapat dalam bidang/fungsi produksi, pemasaran, keuangan, ataupun kepegawaian. Sumber daya knowledge management sangat erat hubungannya dengan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga perencanaan strategik dapat efektif mencapai kinerja organisasi juga sangat ditentukan oleh kapabilitas sdm yang akan menyusun dan merealisasikan rencana strategik yang ditetapkan.

Perkembangan teknologi dan kehidupan bisnis yang intens menjadikan pekerjaan kesekretariatan sebagai komponen yang sangat diperlukan dalam administrasi bisnis. Fenomena umum yang terjadi di Indonesia dimana sekretaris mengalami masalah yang sama dalam suatu instansi.

Masalah sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai yaitu ada pihak yang menyebutkan bahwa jabatan sekretaris tidak pantas karena yang bersangkutan tidak bisa menguasai permasalahan yang terjadi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Contoh masalah yang terdapat di instansi diantaranya adalah masalah pelelangan proyek disalah satu bidang di lingkungan Dinas Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Tujuan makalah ini adalah untuk membuat perencanaan karier sekretaris di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Manfaat makalah ini yaitu untuk membantu sekreatris memiliki pengetahuan tentang berbagai peluang karir, prioritasnya, dll. serta membantunya memilih karir yang sesuai dengan gaya hidup, preferensi, lingkungan keluarga, ruang lingkup untuk pengembangan diri.

B. Perencanaan Karier

Suplemen MAPU5201 membahas perencanaan SDM, pengangkatan pegawai, penilaian kinerja, pengelolaan karier, sistem penghargaan dan hubungan ketenagakerjaan di organisasi pemerintah.

Apa itu perencanaan karir? Perencanaan karir adalah proses menemukan peluang pendidikan, pelatihan, dan profesional yang sesuai dengan minat, minat, dan tujuan dalam hal ini sekretaris.

Pekerjaan sekretaris dalam kantor membutuhkan media teknologi informasi. Dengan menggunakan bantuan teknologi tersebut pekerjaan kantor dapat efisien dan efektif. Hal tersebut menjadikan kerja sekretaris lebih produktif. Karir sekretaris dapat dibangun melalui peningkatan ketrampilan teknologi informasi maupun pengembangan soft skill. Perpaduan tersebut akan lebih mengeksiskan peran sekretaris dalam memberikan kontribusinya pada kemajuan pimpinan maupun perusahaan (Rosidah, 2019). Sekretaris yang professional dituntut untuk memiliki skill manajemen dasar di bidang perkantoran agar dapat berperan secara optimal yaitu salah satunya manajemen waktu (Risnawati, 2012).

Menurut EKMA5207 Manajemen Sumber Daya Manusia, berikut tahapan kronologis dari proses perencanaan karier:

  • Profil Kebutuhan Sekretaris

Kebutuhan efisiensi menjadikan alasan sekretaris/sumberdaya manusia dalam organisasi menerapkan teknologi informasi dalam perusahaannya. Sebagai sekretaris pimpinan ataupun sekretaris organisasi perlu mengikuti laju perkembangan teknologi informasi serta dapat menerapkan teknologi dalam bekerja di kantor. Sekretaris dituntut bekerja cerdas, cepat, tepat, dan memperluas wawasan (smart worker). Untuk itu dibutuhkan kemampuan teknologi informasi untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang dituntut profesional. Dalam keseharian di kantor, sekretaris harus trampil mengoperasikan Microsoft Access. Microsoft Outlook, Trello, dan Electronik Mail (E-mail) atau sesuai kebutuhan penyelesaian pekerjaan di kantor. Dengan kemampuan tersebut, Sekretaris akan bekerja profesional dalam pengelolaan database sesuai yang dibutuhkan (Rosidah & Arantika, 2018: 44).

  • Deskripsi Jabatan/Pekerjaan

Menurut Dessler (2010: 110), deskripsi pekerjaan (job description) merupakan suatu daftar tugas, tanggung jawab, hubungan laporan, kondisi kerja, kepedulian atas tanggung jawab suatu jabatan, serta produk dari analisis jabatan. Deskripsi jabatan adalah pernyataan tertulis tentang apa yang sebenarnya dilakukan pekerja, bagaimana dia melakukannya, dan bagaimana kondisi kerja pekerjaan itu. Kita menggunakan informasi ini untuk menulis spesifikasi pekerjaan; mencantumkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan memuaskan.

Menurut Dessler, sebagian besar deskripsi berisi bagian yang mencakup berikut ini:

  1. Identifikasi pekerjaan

Nama jabatan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kedudukan dalam struktur organisasi yaitu di bawah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

  • Ringkasan pekerjaan

Memimpin, merumuskan kebijakan, fasilitasi, koordinasi, monitoring dan evaluasi kegiatan bidang kesekretariatan yang meliputi umum dan kepegawaian, perencanaan dan keuangan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas berjalan efektif dan efisien.

  • Tanggung jawab dan kewajiban
  • Menyusun program kerja di bidang kesekretariatan berdasarkan sasaran dan program kerja tahunan Dinas yang telah ditetapkan sebagai pedoman untuk melaksanakan tugas.
  • Mendistribusikan tugas kepada kepalasubbagian sesuai dengan tugas pokok, fungsi masing-masing kepala subbagian agar tugas dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
  • Memberi petunjuk kerja kepada para Kepala Sub Bagiandan staf yang dilakukan secara lisan maupun tertulis agar tugas-tugas yang akan dilaksanakan dapat dipahami secara benar.
  • Melakukan pengawasan kepada Kepala Sub Bagian dan seluruh staf di Sekretariat dalam melaksanakan tugas baik secara preventif maupun refresif untuk menghindari terjadinya kesalahan dan penyimpangan dalam pelaksanaan tugas.
  • Mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh para Kepala Sub Bagian pada Sekretariat dengan membandingkan antara hasil kerja yang dicapai dengan rencana yang telah ditetapkan untuk mengetahui tingkat kinerja yang dicapai.
  • Membantu pimpinan dalam mengkoordinasikan pelaksanaan tugas bidang-bidang yang ada di Dinas sesuai dengan petunjuk pimpinan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  • Melaksanakan tugas administrasi umum, kepegawaian, perencanaan dan keuangan,berdasarkan pedoman dan peraturan perundang-undangan sebagai bahan perumusan kebijakan.

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no wa 082138054433