BAB I

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Pengantar Studi Islam merupakan sebuah mata kuliah yang berupaya mengkaji keislaman dengan wilayah telaah materi ajaran agama dan fenomena kehidupan beragama. Dalam Studi Islam, kajian yang dilakukan oleh umat muslim berbeda dengan kajian yang dilakukan oleh kalangan non muslim. Bagi umat muslim, Studi Islam berguna untuk memantapkan keimanan dan mengamalkan ajaran Islam, sedangkan bagi non muslim hanya sekedar diskursus ilmiah, bahkan mungkin hanya mencari kelemahan umat islam.

Pada era globalisasi saat ini, yang di tandai semakin menipisnya dan hilangnya batas pemisah antara nilai-nilai dan lingkungan budaya bangsa-bangsa, tampaknya studi tentang islam menjadi sangat penting dan mendapat perhatian yang sangat luas, baik di kalangan umat islam sendiri maupun dikalangan luar islam.

Suatu kenyataan yang tak dapat di pungkiri, bahwa nilai-nilai dan sistem budaya yang ada di lingkungan umat islam telah kehilangan daya dinamikanya, sehingga tidak mampu mewujudkan peran dan fungsinya sebagai Rahmatan li al-alamin. Sementara nilai-nilai dan sistem budaya manusia di lingkungan umat islam pada umumnya telah didominasi oleh nilai-nilai dan sistem budaya modern, dengan ilmu pengetahuan dan teknologinya yang semakin canggih serta sifatnya yang seluler, telah mengalami perkembangan yang cepat dan tanpa batas serta menyentuh tujuan-tujuan yang hakiki.

  • RUMUSAN MASALAH
  • Apa pengertian dari Studi Islam?
  • Apa urgensi Studi Islam?
  • Apa signifikansi Studi Islam?
  • Apa tujuan Studi Islam?
  • TUJUAN
    • Menjelaskan pengertian Studi Islam.
    • Menjelaskan urgensi Studi Islam.
    • Menjelaskan signifikansi Studi Islam.
    • Menjelaskan apa tujuan Studi Islam.
  • MANFAAT
    • Mengetahui pengertian Studi Islam
    • Mengetahui urgensi Studi Islam
    • Mengetahui signifikansi Studi Islam
    • Mengetahui tujuan Studi Islam.

BAB II

PEMBAHASAN

  1. PENGERTIAN STUDI ISLAM

Studi Islam secara etimologis merupakan terjemahan dari bahasa Arab Dirasah Islamiyah. Dalam kajian Islam di barat Studi Islam disebut Islamic Studies. Dengan demikian, Studi Islam secara harfiyah adalah kajian tentang hal-hal yang berkaitan dengan keislaman. Makna ini sangat umum, karena segala sesuatu yang berkaitan dengan islam dikatakan Studi Islam. Oleh karena itu, perlu ada spesifikasi pengertian terminologis tentang Studi Islam dalam kajian ini, yaitu kajian secara sistematis dan terpadu untuk mengetahui, memahami dan menganalisis secara mendalam hal-hal yang berkaitan dengan agama Islam baik yang menyangkut sumber-sumber ajaran Islam, pokok-pokok ajaran Islam, sejarah Islam, maupun realitas pelaksanaannya dalam kehidupan.

Secara teoritis Islam adalah agama yang ajaran-ajarannya diwahyukan Tuhan kepada manusia melalui Muhammad sebagai Rasul. Islam pada hakikatnya membawa ajaran yang bukan hanya mengenai satu segi, tetapi mengenai berbagai segi dari kehidupan manusia. Sumber ajaran yang mengambil berbagai aspek ialah Al-Qur’an dan hadits. Sumber-sumber ajaran Islam yang merupakan bagian pilar penting kajian islam dimunculkan agar dikursuskan dan paradigma keislaman tidak keluar dari sumber asli, yaitu Al-Qur’an dan al-hadits. Kedua sumber ini sebagai pijakan dan pegangan dalam mengakses wacana pemikiran dan membumikan praktik penghambaan kepada Tuhan, baik yang bersifat teologis maupun humanistis.

Selain itu, pokok-pokok ajaran Islam dan sejarah serta realitas pelaksanaannya merupakan bagian yang perlu dikaji, sehingga pemahaman secara utuh terhadap Islam dapat dicapai. Pemahaman itu perlu didekati dengan berbagai dimensi, diantaranya mengenai tentang makna Islam.

Ingin dibuatkan tugas seperti ini??
Butuh versi lengkap??
atau ada tugas-tugas costum lainnya?
silahkan hubungi geraijasa.com di no 0821-3805-4433