Komunikasi Terkini

            Setiap orang sudah sefitrahnya memiliki keinginan atau impian, entah itu keinginan untuk individu, keinginan untuk keluarga, atau keinginan untuk masyarakat. Tetapi tidak semuanya dapat mewujudkannya karena terpendamnya keinginan atau impian tersebut, namun jika kita dapat mewujudkan keinginan atau impian kita nilai kehidupan akan terasa.

            Salah satu cara yang paling ampuh untuk mewujudkan keinginan dan impian kita adalah dengan mengomunikasikan keinginan yang kita miliki kepada orang yang relevan dan tahu bagaimana cara menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai keinginan kita melalui komunikasi, menggerakan seseorang dapat bermacam-macam, mungkin berupa berbicara, bahasa tubuh, atau kegiatan. Kegiatan dimaksud di sini adalah kegiatan yang lebih banyak mendorong perasaan melalui pandangan atau rasa empati, namun yang penting harus diingat adalah bagaimana cara terbaik baik untuk melakukan komunikasi adalah memberikannya secara efektif dan jelas.

            Secara sederhana komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu dengan yang lainnya. Manusia berkomunikasi untuk membagi gagasan, ide, pengetahuan, dan pengalaman. Bentuk umum komunikasi manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, tulisan, gerakan, dan penyiaran.

            Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut. Kita berusaha agar gagasan kita dapat diterima orang lain dengan pendekatan persuasif bukan memaksakan kehendak dan tentu saja kita juga harus memperhatikan kondisi sekitar kita saat ingin mentransformasikan keinginan kita. Saat menyampaikan keinginan diikuti atau didahului dengan protes akan sesuatu yang tidak adil, ini akan merusak hubungan komunikasi tersebut dan kemungkinan besar bagi orang yang kita ajak bicara tidak akan menyetujui keinginan kita.

            Sejarah Komunikasi pada mulanya hanya merupakan upaya atau cara manusia menyampaikan ide, gagasan, kemauan, hasrat dan lain sebagainya, upaya tersebut hanya supaya manusia bisa saling berhubungan. Pada waktu itu , Komunikasi tidak dianggap sebagai sesuatu yang harus diberi perhatian, dikaji atau distrukturkan. Namun, pada abad ke-5 sebelum masehi, di Yunani berkembang suatu ilmu yang mengkaji proses pernyataan antar manusia yang diberi nama retorika yang berarti seni berpidato dan beragumentasi yang bersifat menggugah atau seni yang menggunakan bahasa secara lancar untuk memengaruhi dan mengajak. Retorika mendapat pembahasan khusus bahkan beberapa pemikir itu menempatkan retorika sebagai hal penting dalam masyarakat dan pemerintahan.

            Pada  perkembangan  awal,  batasan  komunikasi  yang   dapat   kita  terapkan  adalah percakapan atau penyampaian gagasan antar  manusia secara lisan dan bertatap muka baik berupa pidato maupun diskusi, dengan tujuan mendidik, membangkitkan kepercayaan, dan menggerakkan perasaan orang lain.Komunikasi terus berkembang, tidak hanya menyampaikan gagasan melalui lisan.Pada zaman kekaisaran romawi, Julius Caesar membuat papan pengumuman yang dinamakan  Acta Diurna. 

            Penyampaian gagasan  mengenai apa yang  penting bagi masyarakat telah bertambah, dari sekedar lisan menjadi bentuk tulisan. Hal ini terus berkembang setelah ditemukannya  kertas,  penemuan mesin cetak, dan terbitnya surat kabar pertama. Setelah surat kabar peradaban manusia juga berkembang dan ditemukanlah radio, film, televisi, dan sejumlah media lain.

            Sejarah perkembangan komunikasi mencapai puncak kejayaannya pada era modern saat ini. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, seperti diciptakannya komputer, laptop, handphone , menjadikan komunikasi memiliki pola nan berbeda. Komunikasi dapat dilakukan lebih efisien dan efektif. Selain itu, pola komunikasi nan terjadi saat ini mempengaruhi nilai-nilai sosial nan ada.

            Kehadiran internet membawa perubahan yang sangat besar bagi dunia telekomunikasi.  didukung adanya teknologi – teknologi yang ada dan semakin mumpuni bagi masyarakat di seluruh dunia mengetahui kejadian atau peristiwa dipelosok belahan dunia lainnya. Perkembangan terus terjadi, inovasi dan fungsi dari teknologi komunikasi juga semakin lengkap. Komunikasi manusia semakin terbantu dengan adanya teknologi. Komunikasi dinilai semakin efektif dan efisien dalam prosesnya berkat teknologi masa kini. Saat ini, jutaan komputer sudah terhubung ke jaringan internet dan menyediakan sangat banyak informasi yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja di seluruh dunia.

            Komunikasi manusia dengan teknologi ini ternyata menimbulkan dampak bagi jalannya kehidupan manusia beserta aspek agama, aspek sosial & budaya, aspek eknomi, aspek politik, dan lainnya. Dampak itu ada baik positif maupun negatif. Dampak positif tentunya beberapa dampak yang berguna dan bermanfaat bagi kelancaran kehidupan, sedangkan dampak negatif yang merupakan dampak yang timbul dan tanpa disadari mempengaruhi kehidupan.

            Dampak bagi manusia yang pertama adalah dampak positif yakni dengan adanya teknologi ini ternyata seperti apa yang telah dikatakan tadi, manusia memiliki kehidupan yang semakin mudah. Teknologi komunikasi dan informasi saat ini sudah memasuki era digital dimana semua bidang dalam media komunikasi dicoba untuk dimasukkan kedalam suatu yang ringkas dalam perangkat teknologi dan dapat mudah diakses oleh para pengguna. Selain itu di era digital ini jaringan perantara untung pengiriman pesan dan informasi semakin cepat.

            Hal positif lain dari teknologi komunikasi dan informasi ini adalah manusia bisa dengan mudah untuk mengenal informasi baik yang jauh maupun dekat baik yang berbeda waktu maupun tidak. Teknologi ini sudah benar – benar menjadi penyambung kesulitan manusia dalam berkomunikasi. Manusia kini dapat berkomunikasi melewati ruang dan waktu tanpa ada batasan wilayah.

            Semua yang ada dunia menjadi terasa dekat dengan adanya teknologi ini. Seluruh masyarakat dunia bisa memperkaya wawasan dan pengetahuannya masing – masing. Jadi, saat ini masyarakat dunia tidak ada alasan lagi untuk sulit mengetahui inforfmasi dan memiliki intelektual yang baik. Pendidikan saat ini bisa didapatkan melalui media informasi bahkan media sosial.

            Media massa menjadi sebuah aspek yang bisa kita katakan tidak terpisahkan dari komunikasi masyarakat masa kini. Perkembangan teknologi media telah memberikan dampak yang begitu besar di masyarakat. Berbagai bentuk informasi telah disampaikan kepada masyarakat dalam hitungan detik. Fenomena ini telah menjadikan media massa sebagai alat pemenuhan kebutuhan masyarakat yang utama. Perkembangan teknologi media massa selain memberikan bentuk-bentuk perubahan sosial di masyarakat juga memberikan sebuah keuntungan tersendiri di masyarakat.

            Kemampuan new media dalam menciptakan ‘ruang baru’ bagi masyarakat, ternyata new media juga tidak terlepas dari pandangan negatif  beberapa kalangan. Berbagai pandangan kritis mengenai kemampuan media baru dalam menghasilkan perubahan juga menjadi pandangan yang menarik untuk kemudian dikaji. Russell Neuman dalam The Future of the Mass Audience memiliki pandangan mengenai perubahan yang disebabkan oleh media baru. Dia berpendapat bahwa :

  • Media baru menjadi kurang mahal dan juga lebih banyak tersedia bagi khalayak.
  • Teknologi baru mengubah pandangan khalayak tentang jarak geografis.
  • Teknologi baru meningkatkan kecepatan komunikasi
  • Teknologi baru meningkatkan volume komunikasi.
  • Terdapat lebih banyak saluran komunikasi.
  • Terdapat lebih banyak kontrol bagi pengguna.
  • Terdapat peningkatan interaksi dan bentuk-bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah.

Pandangan dari Neumann diatas telah memberikan gambaran bahwa media baru muncul sebagai solusi untuk mengatasi kekurangan dalam proses komunikasi yang bselama ini terjadi di masyarakat. Fasilitas yang disediakan seperti tidak terpisah jarak ruang dan waktu telah menjadikan media baru semacam primadona  di kalangan masyarakat. Terlebih lagi kemampuan media baru dalam menciptakan perubahan sosial akan menjadi pandangan tersendiri dalam tulisan ini.

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan HUbungi geraijasa.com di no wa 082138054433

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *