Dinamika Partai Politik di Indonesia Fungsi Partai Politik Golkar Dalam Rekrutmen Politik

A. Pendahuluan

Di dalam Undang-undang No. 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik, dinyatakan bahwa Partai Politik adalah organisasi yang bersifat nasional dan dibentuk oleh sekelompok warga negara Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan negara, serta memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sebagai suatu organisasi, partai politik secara ideal dimaksudkan untuk mengaktifkan dan memobilisasi rakyat, mewakili kepentingan tertentu, dan memberikan jalan kompromi  bagi pendapat yang saling bersaing, serta menyediakan sarana suksesi kepemimpinan politik secara damai (T May. Rudy, 2003: 87).

Fungsi utama partai politik adalah mencari dan mempertahankan kekuasaan guna mewujudkan program-programnya yang disusun berdasarkan ideologi tertentu (Cholisin, 2007: 110-111). Hal tersebut dapat dilakukan melalui pelaksanaan rekrutmen politik sebagai salah satu fungsi pokok partai yang sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan demokrasi. Menurut Rahman (2007: 246) bahwa rekruitmen politik berasal dari dua kata yaitu rekrutmen dan politik. Rekrutmen berarti penyeleksian dan politik berarti urusan negara, jadi rekrutmen politik bisa diartikan suatu proses penyeleksian warga negara untuk ditempatkan pada lembaga Negara guna mengurusi usuran negara melalui proses yang ditelah dirumuskan, proses penyeleksian dimana setiap warga yang telah menenuhi syarat-syarat tertentu berhak untuk menempati posisi di lembaga negara. Salah satu persoalan yang perlu mendapat perhatian sehubungan dengan partai politik adalah kaderisasi karena di dalam partai politik memerlukan pendidikan kader sebagai calon-calon pemimpin baik lokal maupun nasional yang memiliki visi demokrasi. Menurut kamus besar bahasa Indonesia (Alwi dkk, 2003), kader berarti orang yang diharapkan akan memegang peran yang penting di pemerintahan, partai, dan sebagainya. Pengaderan adalah proses, cara, perbuatan mendidik atau membentuk seseorang menjadi kader.

B. Kerangka Teoritis

Partai politik menurut Miriam Budiardjo (2008: 403) merupakan suatu kelompok yang terorganisasi yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama. Tujuan yang dimaksud dalam pengertian ini adalah untuk memperoleh kekuasaan politik atau merebut kedudukan politik secara konstitusional untuk melaksanakan kebijakan umum.

Partai Golkar merupakan salah satu partai yang paling tua dan disoroti akhir-akhir ini terkait kasus korupsi E-KTP oleh ketuanya, Setya Novanto. Fungsi Partai Golkar berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Golkar pada bagian ketiga pasal 9, yaitu:

  1. Menghimpun persamaan sikap politik dan kehendak untuk mencapai cita-cita dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur, material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945;
  2. Mempertahankan, mengemban, mengamalkan, dan membela Pancasila serta berorientasi pada program pembangunan di segala bidang tanpa membedakan suku, agama, ras, dan golongan;
  3. Menyerap, menampung, menyalurkan, dan memperjuangkan aspirasi rakyat, serta meningkatkan kesadaran politik rakyat dan menyiapkan kader-kader dengan memperhatikan kesetaraan gender dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara (Jimbreif Patuwo, 2015: 2).

Salah satu fungsi partai politik Golkar yaitu menyiapkan kader-kader atau rekrutmen berperan sangat penting karena menentukan kader yang berkualitas atau tidak untuk melaksanakan fungsi-fungsi sistem politik di suatu negara. Berdasarkan uraian tersebut, adapun kerangka teoritis dalam makalah ini adalah sebagai berikut:

C. Analisis

1. Sejarah Partai Golkar

Sejarah Partai Golkar bermula dengan berdirinya Sekretariat Bersama Golongan Karya (Sekber Golkar) pada akhir pemerintahan soekarno, tepatnya pada tanggal 20 Oktober 1964. Sekber Golkar didirikan oleh golongan militer khususnya Perwira Angkatan Darat yang menghimpun puluhan organisasi pemuda, wanita, sarjana, buruh, tani, serta nelayan.

Jumlah anggota Sekber Golkar ini bertambah dengan pesat, karena golongan fungsional lain yang menjadi anggota Sekber Golkar dalam Front Nasional menyadari bahwa perjuangan dari organisasi fungsional Sekber Golkar adalah untuk menegakkan Pancasila dan UUD 1945. Semula anggotanya berjumlah 61 organisasi yang kemudian berkembang hingga mencapai 291 organisasi. Organisasi-organisasi yang terhimpun ke dalam Sekber GOLKAR ini kemudian dikelompokkan berdasarkan kekaryaannya ke dalam 7 (tujuh) Kelompok Induk Organisasi (KINO), yaitu: 

  • Koperasi Serbaguna Gotong Royong (KOSGORO)
  • Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI)
  • Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR)
  • Organisasi Profesi
  • Ormas Pertahanan Keamanan (HANKAM)
  • Gerakan Karya Rakyat Indonesia (GAKARI)

Sumber: https://partaigolkar.or.id/sejarah

2. Visi dan Misi Partai Golkar

Visi

Sejalan dengan cita-cita para bapak pendiri negara (the founding fathers) kita bahwa tujuan kita bernegara adalah melindungi segenap tumpah darah Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa, mewujudan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan ikut menciptakan perdamaian dunia, maka Partai Golkar sebagai pengemban cita-cita Proklamasi menegaskan visi perjuangannya untuk menyertai perjalanan bangsa mencapai cita-citanya. Partai Golkar berjuang demi terwujudnya Indonesia baru yang maju, modern, bersatu, damai, adil dan makmur dengan masyarakat yang beriman dan bertaqwa, berahlak baik, menjunjung tinggi hak asasi manusia, cinta tanah air, demokratis, dan adil dalam tatanan masyarakat madani yang mandiri, terbuka, egaliter, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja dan semangat kekaryaan, serta disiplin yang tinggi. Dengan visi ini maka Partai Golkar hendak mewujudkan kehidupan politik nasional yang demokratis melalui pelaksanaan agenda-agenda reformasi politik yang diarahkan untuk melakukan serangkaian koreksi terencana, melembaga dan berkesinambungan terhadap seluruh bidang kehidupan. Reformasi pada sejatinya adalah upaya untuk menata kembali sistim kenegaraan kita disemua bidang agar kita dapat bangkit kembali dalam suasana yang lebih terbuka dan demokratis. Bagi Partai Golkar upaya mewujudkan kehidupan politik yang demokratis yang bertumpu pada kedaulatan rakyat adalah cita-cita sejak kelahirannya.

Misi

Dalam rangka mengaktualisasikan doktrin dan mewujudkan visi tersebut Partai Golkar dengan ini menegaskan misi perjuangannya, yakni: menegakkan, mengamalkan, dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara dan idiologi bangsa demi untuk memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan mewujudkan cita-cita Proklamasi melalui pelaksanaan pembangunan nasional di segala bidang untuk mewujudkan masyarakat yang demokratis, menegakkan supremasi hukum, mewujudkan kesejahteraan rakyat, dan hak-hak asasi manusia (Jimbreif Patuwo, 2015: 5).

Daftar Pustaka

Alwi, Hasan,dkk. 2003. Tata bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Apriliani K, Deska. 2016. Analisis Rekrutmen Partai Golkar Jawa Tengah dalam Pemilihan Umum Legislatif 2014. https://media.neliti.com/media/publications/108290-ID-none.pdf

Budiarjo, Miriam. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Gramedia Pustaka. Jakarta.

Cholisin, dkk. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Yogyakarta: UNY Press.

Ghaffar,Affan.1991. Demokrasi Empiris dalam Era Orde Baru. Jakarta: Grafiti.

Harun, Rochajat & Sumarno.2006. Komunikasi Politik Sebagai Suatu. Pengantar. Bandung: Penerbit Mandar Madju.

Imawan, Riswanda. 1992.Proses Pencalonan dan Calon dalam Pemilu Legislatif 1992.Surabaya: Asosiasi Ilmu Politik Indonesia.

Jati, Dio Satrio. 2011. Analisis Fenomena Partai Politik di Indonesia. https://www.kompasiana.com/hatipikihatipikirandanpeng/analisis-fenomena-partai-politik-di-indonesia_550e4fc0813311ba2cbc628f

Patuwo, Jimbreif. 2015. Fungsi Partai Golkar dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Manado Tahun 2015. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Ingin dibuatkan makalah seperti ini??
Butuh versi lengkap??
atau ada tugas-tugas costum lainnya?
silahkan hubungi geraijasa.com di no 0821-3805-4433

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *