Abstrak

Akhir-akhir ini banyak kita lihat anak muda yang bergembira di dunia fashion. Tren fashion dari negara Asia hingga Amerika sangat populer di Indonesia. Kebetulan Perusahaan KAMI IDEA juga sangat menyukai trend scarf yang sedang populer saat ini, maka dari itu kami memulai usaha di bidang fashion. Bisa dibilang, itu adalah salah satu motivasi bagi kami untuk melanjutkan trend fashion yang ada di Indonesia dan tentunya menyesuaikannya dengan budaya yang ada. Karena kami menyukai tren fashion terkini, kami menyadari bahwa sulit untuk menemukan scarf yang sedang tren dan nyaman dipakai. Scraft yang sedang tren cenderung dijual dengan harga tinggi untuk kualitas premium atau dijual dengan harga murah tetapi kualitas bahan yang digunakan buruk. Oleh karena itu, kami memelopori Perusahaan KAMI IDEA sebagai clothing line karena kami ingin pelanggan kami dapat dengan mudah memilih Scarf yang sedang tren dan nyaman digunakan namun dengan harga yang relatif murah. Strategi pemasaran yang akan kita gunakan untuk mempromosikan bisnis kita adalah dengan mengandalkan kekuatan media sosial. Dengan teknologi yang sudah canggih saat ini, para milenial dapat melihat perubahan fashion di dunia dengan mudah dan tentunya akan tergiur untuk mengikuti fashion yang ada. Dengan situasi ini, kami menyadari bahwa target pasar yang sesuai dengan produk adalah kaum milenial yang senang mengikuti perubahan mode. Usaha ini tidak mudah berkembang, kami juga mengalami beberapa keterbatasan seperti sulitnya mencari reseller yang menjual scarf sesuai dengan keinginan kami. Oleh karena itu, kami sepakat untuk menjual scarf dengan mengandalkan penjahit dan konveksi agar hasilnya sesuai dengan keinginan dan tentunya memuaskan. Keterbatasan lain yang kami alami adalah sulitnya memperkenalkan bisnis kami kepada masyarakat karena bisnis kami murni dimulai dari nol. Namun keterbatasan ini bukanlah batasan kami dalam memulai bisnis ini, kami memanfaatkan iklan media sosial sehingga kami berharap bisnis kami dapat dikenal oleh banyak orang.

Kata kunci Clothing line, trend fashion, scarf, millennials

Perkenalan

Lingkungan bisnis adalah keseluruhan nilai individu, institusi, atau kekuatan lain yang berasal dari luar kendali perusahaan, namun perusahaan masih dapat bergantung padanya karena sudah dapat mempengaruhi kinerja perusahaan dan keberlanjutan perusahaan. Sedangkan lingkungan bisnis kreatif merupakan kekuatan perusahaan yang mampu membangun individu-individu di dalamnya untuk mulai berpikir dan bekerja secara kreatif. Bisnis yang muncul dari ide kreatif dan dimatangkan dengan rencana bisnis yang lebih lengkap memiliki peluang sukses yang lebih besar. Lingkungan bisnis pasti akan berubah seiring dengan perkembangan zaman. Lingkungan bisnis beberapa dekade yang lalu memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan lingkungan bisnis saat ini. Pada zaman dahulu, belum ada mata uang yang dapat digunakan sebagai alat tukar, tetapi mereka menerapkan sistem barter. Seiring perkembangan zaman, pikiran manusia semakin kreatif sehingga mampu menciptakan mata uang untuk transaksi. Dengan adanya teknologi yang sangat canggih, mata uang yang ada bahkan bisa digunakan untuk membeli alat dan bahan untuk membuat barang yang dibutuhkan. Ada beberapa faktor yang membuat lingkungan bisnis berubah yaitu teknologi yang semakin canggih setiap hari yang membuat selera konsumen juga berubah, ditambah lagi semakin banyak pemasok atau pesaing membuat lingkungan bisnis tidak bisa bertahan. Pemilik bisnis harus benar-benar memahami lingkungan bisnis sehingga siap menghadapi perubahan dan mampu melakukan inovasi produknya sesuai dengan perkembangan zaman.

Tidak dapat dipungkiri permasalahan akan terus muncul, meskipun para pelaku bisnis telah cukup memahami dan mengikuti perubahan lingkungan bisnis. Misalnya masalah bisnis di Indonesia di bidang fashion. Bisnis fashion di Indonesia akhir-akhir ini menjadi bisnis yang paling menguntungkan, karena fashion merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, namun jika dilihat lebih dalam, sebenarnya industri ini sulit untuk dijalankan, karena seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara yang majemuk dimana banyak terdapat perbedaan antar individu. Oleh karena itu, setiap orang tentunya memiliki pandangan yang berbeda tentang cara penggunaan scraft. Pada awalnya trend fashion masuk ke Indonesia, jenis scarf yang ditawarkan cenderung meniru gaya jama dulu, sehingga trend ini sempat banyak dikritik karena tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, para pelaku bisnis fashion harus memahami kondisi dan permasalahan tersebut sehingga para pebisnis fashion harus mampu menciptakan scarf yang memiliki pandangan positif agar disukai semua orang. Di era modern ini, bisnis sangat terbantu dengan kecanggihan teknologi media sosial. Industri fashion di Indonesia semakin berkembang seiring dengan semakin mudahnya masyarakat mengakses internet. Oleh karena itu, perancang busana/pengusaha dituntut untuk dapat berpikir lebih kreatif dalam merancang model-model scarf yang tentunya harus sesuai dengan kondisi budaya yang ada. Bisnis fashion ini tidak mudah dilakukan. Ada beberapa masalah bisnis di bidang ini yang harus Anda ketahui:

  1. Seperti halnya membangun bisnis di bidang lain, bisnis fashion juga dimulai dengan membuat perencanaan yang jelas dan detail. Pada tahap ini, para pelaku bisnis biasanya mulai bingung harus berbuat apa.
  2. Pengusaha baru yang memiliki modal minim tentu saja harus mencari pemasok sebagai pemasok pasokan. Di sini pengusaha harus menentukan supplier mana yang cocok dan memiliki harga yang sesuai dengan kemampuan pengusaha.
  3. Mengetahui segmentasi pasar dimana scraft berkualitas bagus dipasarkan dengan harga yang cukup mahal sehingga produk harus dipasarkan ke kalangan menengah ke atas agar produk cepat laku.

Dari ketiga kendala yang disebutkan di atas, maka penulis beranggapan wajar jika para pebisnis baru mengalami kendala. Masalah umum lainnya yang harus benar-benar diperhatikan oleh penulis adalah proses pengenalan produk ke masyarakat luar. Perencanaan strategi pemasaran tidak boleh sembarangan hanya untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya, namun strategi yang dibuat harus mampu memberikan dampak bagi perkembangan bisnis ke depan. Selain itu, penulis juga harus benar-benar memahami target market yang cocok agar nantinya tidak terjadi kesalahan target market yang berdampak fatal bagi bisnis. Walaupun barang atau jasa yang ditawarkan terlihat cocok untuk semua lapisan masyarakat, akan lebih baik jika para pelaku bisnis meneliti lebih dalam tentang spesifikasi pasar yang dibutuhkan agar nantinya dapat dijadikan sebagai acuan target pasar.

Proses pemasaran produk membuat penulis harus benar-benar memahami strategi bisnis yang akan diterapkan guna meningkatkan penjualan produk secara stabil sehingga bisnis yang dijalankan mampu bersaing dengan kompetitor. Apalagi jika disandingkan dengan dunia yang semakin canggih ini, orang cenderung selalu mengikuti tren karena tentunya ingin tampil menarik di depan orang. Salah satu cara orang dapat mewujudkannya adalah dengan menunjukkan kepada mereka cara penggunaan scraft yang lebih elegan. Seperti yang kita ketahui, scraft merupakan salah satu kebutuhan bagi para wanita untuk memperlengkap fashion yang digunakan.  Namun fakta itu seakan hilang seiring berjalannya waktu, apalagi ketika fashion asing sudah mulai masuk ke Indonesia dan fungsi busana seakan mulai dilupakan oleh orang-orang yang cenderung mengukur strata sosial dari cara berpakaiannya. Tapi sayang mereka tidak tahu bahwa scraft yang sedang tren juga bisa ditemukan dengan harga murah. Oleh karena itu, penulis memanfaatkan kondisi tersebut untuk mencari konsumen yang mengukur strata sosial manusia berdasarkan cara fashion dimana mereka sendiri akan selalu berpenampilan sesuai trend agar tidak ketinggalan zaman. Dengan ini, konsumen akan menyukai produk yang ditawarkan karena sedang tren dan nyaman digunakan. Penulis juga sangat menyukai fashion yang sedang trend di kalangan masyarakat namun penulis menyadari bahwa mencari fashion yang nyaman untuk digunakan sangatlah sulit. Oleh karena itu, penulis menantang dirinya sendiri untuk dapat memulai bisnis fashion yang sedang tren dan nyaman digunakan.

Tujuan

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui seberapa penting pemasaran dalam sebuah bisnis. Selain itu penelitian ini dibuat untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada usaha penulis sehingga dengan melakukan tahapan yang ada penulis dapat menyimpulkan permasalahan apa saja yang menghambat perkembangan usaha. Dengan itu, para pelaku bisnis dapat menemukan cara untuk menyelesaikannya

Tinjauan Pustaka

Creativepreneurship merupakan gabungan dari dua kata dan merupakan istilah turunan dari entrepreneurship. Creative artinya kreatifitas dan Entrepreneurship artinya kewirausahaan. Creativepreneurship adalah menciptakan suatu produk atau jasa yang berawal dari ide kreatif kemudian selalu menggunakan inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Creativepreneurs selalu memikirkan ide yang out of the box. Menurut mentor Marketing Ilise Benun, creativepreneur adalah seseorang yang memulai atau menjual bisnis dengan menggunakan ide-ide kreatif, biasanya berupa seni atau desain sebagai tolok ukur utama. Analoginya seperti seorang seniman yang ingin menghasilkan lukisan di atas kanvas kosong. Di era revolusi industri 4.0 ini, menjadi creativepreneur tidak semudah yang dibayangkan. Selain harus bisa melawan kompetitor yang ada, hal lain yang menghambat seorang creativepreneur adalah ide dan inovasi. Seorang creativepreneurship dituntut untuk dapat memulai usaha yang penuh dengan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga usaha tersebut tidak hanya berkembang dalam satu periode tetapi akan terus berjalan seperti yang diharapkan. Namun harapan tidak semudah kenyataan, ide yang didapatkan harus memiliki konsep agar dapat dikembangkan dengan baik. Ditambah dengan realita saat ini dimana pandemi COVID-19 merajalela di bumi kita yang mengakibatkan terbatasnya ruang gerak para pelaku bisnis dan sifat masyarakat yang enggan membelanjakan uangnya untuk produk yang bukan kebutuhan primer, membuat hampir semua bisnis mengalami penurunan pendapatan. Namun, selain menjadi ancaman, juga menjadi peluang bagi para insan kreatif. Orang-orang kreatif memanfaatkan kondisi ini sehingga mampu bertahan dan menghasilkan keuntungan besar karena bisa memanfaatkan keadaan. Alasan mengapa creativepreneur dibutuhkan adalah karena zaman semakin cepat sehingga kreativitas seakan menjadi kunci segalanya, oleh karena itu jika kita tidak memiliki kreativitas maka kita akan tertinggal jauh dibandingkan dengan orang-orang kreatif lainnya. Seorang creativepreneurship juga harus memiliki sifat-sifat yang baik seperti bertanggung jawab, jujur, gesit dan tidak mudah menyerah sehingga mampu memulai bisnis yang baik dan benar.

Pemasaran merupakan upaya untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan. Upaya tersebut dilakukan dengan beberapa kegiatan mulai dari strategi promosi, distribusi, penjualan hingga pengembangan produk. Pemasaran memainkan peran besar dalam pengembangan bisnis; oleh karena itu, keberhasilan suatu bisnis sangat tergantung pada seberapa sukses pemasarannya. Dapat dikatakan bahwa betapapun penting dan bermanfaatnya suatu produk/jasa, jika teknik pemasaran yang digunakan sejak awal salah, maka bisnis tersebut akan sia-sia. Teknik pemasaran ini umumnya berlaku di perusahaan wirausaha, pemasaran yang dirancang sedemikian rupa adalah untuk menciptakan kesadaran merek yang baik di mata masyarakat. Dengan adanya kesadaran akan brand awareness ini berarti pelanggan dapat mengenali dan memahami apa tujuan dari produk atau jasa yang dipasarkan. Cara yang umum digunakan oleh perusahaan wirausaha dalam mengembangkan usahanya adalah dengan menggunakan platform media sosial, iklan seperti di radio, tv, dan media elektronik lainnya serta di berbagai acara. Platform seperti ini berdampak besar pada kesadaran merek suatu bisnis. Seperti yang kita ketahui, selain untuk mewujudkan brand awareness yang baik, pemasaran juga bermanfaat untuk meningkatkan volume penjualan dan mendapatkan keuntungan yang sepadan. Sebelum pemasaran dilakukan, para pelaku bisnis harus bisa membuat strategi pemasaran secara terorganisir dan detail, sehingga nantinya ketika sudah terealisasi, para pelaku bisnis tidak bingung lagi bagaimana cara memasarkannya. Strategi pemasaran dapat disiapkan dengan melakukan riset terlebih dahulu terhadap kebutuhan konsumen. Proses ini akan menambah nilai suatu produk atau jasa dibandingkan dengan hanya menciptakan sesuatu yang hanya disukai tetapi tidak bermanfaat. Jika pemasaran yang digunakan sudah tepat dan dapat menarik konsumen, maka perlahan-lahan konsumen akan membantu proses pemasaran usaha ini dengan menyebarkan word of mouth. Ini adalah bonus yang didapat para pelaku bisnis dari efek pemasaran yang baik dan juga cara ini memberikan dampak yang sangat besar bagi pelaku bisnis. Begitu pula dengan kesan pertama orang terhadap suatu bisnis merupakan tujuan dari pemasaran. Oleh karena itu, peran pemasaran tidak hanya mengembangkan bisnis secara finansial tetapi juga membangun komunikasi pemasaran dengan masyarakat. Hal ini sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis dalam rangka menjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat serta pelanggan.

Metode

Dalam bahasa latin, data merupakan salah satu bentuk jamak dari kata datum yang berarti sesuatu yang diberikan. Oleh karena itu, data memiliki arti sebagai catatan atau pernyataan data yang dikumpulkan, data tersebut tidak boleh dibuat sembarangan karena harus dikumpulkan secara benar-benar sesuai dengan faktanya. Data juga dapat berarti sebagai. Berikut adalah hasil penelitian atau pengamatan terhadap suatu variabel yang bentuknya dapat berupa kata-kata dan angka. Di era modern sekarang ini, banyak orang yang menggunakan data untuk berbagai keperluan, seperti penelitian terhadap suatu variabel, analisis penjualan atau pembelian dan juga kependudukan. Setelah mendapatkan data yang sesuai dengan kebutuhan, data tersebut akan diolah menjadi informasi yang jelas dan terpercaya sehingga mudah dipahami oleh semua kalangan. Data memiliki banyak fungsi karena dianggap mampu memberikan informasi yang berguna dan dapat diandalkan, salah satu fungsinya adalah sebagai bahan evaluasi. Mengapa? Dari data yang terkumpul tentunya akan menemukan masalah yang akan dihadapi, data membantu memecahkan masalah dan menemukan kebijakan yang tepat untuk pemecahan masalah tersebut. Data juga dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Data terbagi menjadi beberapa jenis yaitu data berdasarkan sifatnya, data berdasarkan mendapatkannya dan juga data berdasarkan sumbernya. Disini kita akan membahasnya satu per satu.

Hasil dan Pembahasan

Sebelum mendapatkan hasil numerik, ada baiknya memahami terlebih dahulu metode apa yang akan digunakan dalam perhitungan ini. Metode numerik adalah metode yang memecahkan masalah dengan menggunakan sistem matematika yang berarti menggunakan operasi aritmatika seperti operasi penjumlahan, perkalian, pengurangan, dan pembagian. Mengapa metode ini penting? Alasan utama metode ini digunakan adalah karena beberapa masalah tidak dapat atau rumit untuk diselesaikan dengan menggunakan metode analitik. Metode numerik ini umumnya digunakan untuk, pertama, memecahkan masalah komputasi dengan memanfaatkan kecanggihan komputer dan sistem lainnya. Dengan bantuan komputer, permasalahan seputar perhitungan akan menjadi lebih efisien. Kedua, cara ini juga digunakan untuk lebih mengenal semua jenis dan karakteristik komputer seperti algoritma tertentu. Ketiga, metode ini memudahkan troubleshooting melalui sistem komputer yang ada. Hal ini tergantung pada kemahiran seseorang dalam memecahkan masalah dan menerapkan sistem komputer. Jika seseorang mahir maka ia akan lebih mudah memecahkan masalah Keuntungan menggunakan metode ini dalam pemecahan masalah adalah jika menggunakan metode ini maka solusi dari masalah akan selalu didapatkan. Karena memanfaatkan kecanggihan komputer tentunya akan lebih memudahkan dalam proses perhitungan sehingga hasil yang didapatkan tentunya dibuat dengan nilai yang sebenarnya. Selain itu hasil perhitungan yang telah didapatkan dapat disimulasikan karena hasil yang diberikan adalah nyata dan sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Namun tentunya cara ini juga memiliki kelemahan, salah satu kelemahan terbesar dari cara ini adalah hasil yang didapat tidak pasti sehingga cara ini menampilkan hasil yang mendekati. Kemudian jika cara ini dilakukan secara manual tanpa bantuan komputer, maka prosesnya akan memakan waktu lama karena cara ini lebih rumit dibandingkan cara lainnya

Kesimpulan

Pada semua usaha yang akan dirintis maupun yang sudah dirintis, diperlukan teknik pemasaran sebagai tahap awal agar usaha tersebut dapat lebih dikenal oleh masyarakat. Mengapa? karena pemasaran berguna untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat seperti promosi, distribusi dan pengembangan produk. Namun sebelum memasarkan suatu produk, ada baiknya para pebisnis memahami terlebih dahulu siapa target pasar yang akan dibidik saat melakukan tahap pemasaran. Untuk menentukan target pasar, para pelaku bisnis harus menganalisis pasar untuk lebih mengenal jenis-jenis konsumen yang ada. Tidak dapat dipungkiri bahwa menjalankan bisnis bukanlah hal yang mudah dalam artian akan penuh dengan liku-liku ketika dijalankan, oleh karena itu para pelaku bisnis harus memiliki visi dan misi yang jelas dan terstruktur. Ketika bisnis dijalankan, masalah akan sering terjadi, begitu juga dengan bisnis yang dijalankan oleh penulis. Setelah melalui beberapa tahapan penting seperti analisis pasar, penciptaan nilai pelanggan dan menemukan target pasar, kini penulis berada pada tahap pemasaran. Dengan analisa yang lebih dalam menggunakan cara-cara di atas, penulis dapat mengetahui apa saja permasalahan dalam bisnis sehingga kedepannya penulis dapat menyelesaikannya dengan bijak.

MAU DIBUATKAN TUGAS SEPERTI INI?
ATAU
BUTUH VERSI FULL?
LANGSUNG CHAT ADMIN GERAIJASA.COM DI WA 0821-3805-4433