Relevansi

Relevansi dapat diartikan dengan saling terhubung. Pada sebuah kampanye seorang komunikator pasti akan membangun sebuah opini-opini yang sesuai dengan kebutuhan komunikan. Sebagai contoh pada suatu kampanye untuk pemilihan pemimpin suatu daerah, mayarakat akan memilih calon tersebut jika visi dan misi yang diusung calon tersebut pro kepada kepentingan-kepentingan rakyat. Dengan keberpihakan tersebut maka secara tidak langsung seorang calon tersebut sudah memberikan sugesti kepada rakyat untuk memilihnya.

Tidak relevan

Tidak relevan yaitu kebalikan dari relevansi yaitu tidak saling terhubung. Pada sebuah kasus kampanye jika tidak relevan maka diartikan dengan terjadinya kontra antara apa yang disuarakan dengan opini para komunikan. Sebagai contoh ketika masa kampanye komunikator yang awalnya menjelaskan visi misi yang pro pada kepentingan rakyat berubah ketika sudah terpilih dan menjabat untuk lebih mementingkan kepentingan pribadi atau partai dari pada kepentingan rakyat seperti apa yang dijanjikan ketika masa kampanye.

Sikap

Sikap adalah sebuah tindakan yang didasari dengan tingkat emosional terhadap sesuatu hal atau objek. Pada kasus kampanye ini maka komunikan mulai untuk menunjukan sebuah sikapnya untuk melakukan sebuah tindakan dalam mendukung atau menyampaikan aspirasinya kepada calon yang akan dipilihnya, aspirasi tersebut dapat berupa sebuah slogan yang berisi opini yang mereka harapkan ataupun ajakan kepada masyarakat lainnya untuk ikut mendukung pada calon yang sesuai dengan pendapat mereka.

Keanggotaan kelompok

Pada tahap ini keaktifan komunikan akan lebih dirasakan dengan aktifnya dalam hal keanggotaan. Hal tersebut dapat dilihat dengan bersedianya menjadi kader pada partai yang dirasa sesuai dengan opininya. Dengan aktifnya dalam keanggotaan tersebut maka secara tidak langsung akan meciptakan suasana keakraban dan kekeluargaan dalam kelompok yang dia ikuti

Ingin dibuatkan seperti ini??
Butuh versi lengkap??
Atau ada tugas-tugas costum lainnya??
Silahkan Hubungi geraijasa.com di no wa 082138054433