Hakikat dan Orientasi Pola Pikir Etnis Kultur

Fasilitas fisik disediakan alam bagi manusia, maka manusia telah berada dalam determinan-determinan geonatur yang terpisah. Terpisahnya manusia oleh geonatur ini menyebabkan manusia terbagi ke dalam geokultur yang berbeda pula. Timbulnya etnis kultur karena dipisahkan geonatur tersebut, sehingga manusia membentuk lingkungan budaya (=geokultur) yang beragam. Setiap etnis kultur memiliki pola-pola sikap, perilaku sebagai cerminan budayanya. Pada gilirannya pola-pola perilaku ini menjadi identitas etnis. Setiap etnis akan berorientasi kepada nilai-nilai etnisnya, sehingga akan menjadi problema di dalam mewujudkan etnis pada skala yang di sebut bangsa. Semakin maju dan berkembang kualitas kepentingan individu-individu maka semakin kompleks pula problema-problema etnis. Pada tangga ini etnis kultur mulai merasakan suatu kebutuhan jalinan dengan etnis kultur lainnya, yang pada gilirannya terjadi transaksi komunikasi antaretnis untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam suatu lingkup yang lebih besar yang disebut Negara. Dalam lingkup ini timbul pola-pola baru dan nilai-nilai baru sebagai produk transaksi komunikasi yang menuntut setiap etnis untuk menerima dan menghargai serta menjunjung tinggi produk-produk tersebut. Dalam setiap masyarakat yang bagaimanapun bentuk dan sifatnya terdapat sejumlah nilai budaya yang antara satu dengan yang lainnya saling berkait hingga merupakan suatu sistem yang terus berproses dan mengarah ke fungsi primer sistem yaitu tujuan sistem.

Setiap sistem selalu diikat oleh norma-norma sistem sebagai pedoman sikap perilaku para penghuni sistem. Demikian pula nilai-nilai budaya suatu masyarakat merupakan pedoman yang memberi arah kepada sikap perilaku dalam hidup bermasyarakat. Menurut Koentjaraningrat wujud budaya etnis kultur terbagi ke dalam tiga wujud yaitu:

1. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide gagasam, nilai-nilai, norma-norma, peraturan-peraturan dan sebagainya.

Wujud ini bersifat ideal dan abstrak yang berada dalam angan-angan atau cita-cita. Dalam fungsi adat terdiri dari beberapa lapisan, dari yang paling abstrak dan luas, sampai paling konkret dan terbatas. Lapisan yang paling abstrak adalah sistem nilai budaya. Lapisan berikutnya ialah sistem norma lebih konkret lagi. Sedangkan peraturan-peraturan khusus yang mengatur berbagai aktifitas sehari-hari dalam kehidupan masyarakat, merupakan lapisan adat yang paling konkret tetapi terbatas ruang lingkupnya.

2. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat.

Wujud ini sering disebut sistem sosial, yaitu yang terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang berinteraksi, berhubungan serta bergaul antara saty dengan yang lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan pada adat tata kelakuan.

3. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.

Wujud ini yaitu benda-benda hasil karya manusia yang disebut dengan benda kebudayaan. Produk ini lebih konkret karena dapat dilihat, diraba, dan dirasakan.

Ketiga wujud kebudayaan yang telah diuraikan diatas dalam kenyataan empiris merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sifat-sifat dasar yang tampak dari keragaman etnik kultur dikemukakan oleh Pierre L. Van De Berghe dalam bukunya “Pluralism and The Policy: A Theoritical Exploration” sebagai berikut:

  • Terjadinya segmentasi ke dalam bentuk kelompok-kelompok yang sering kali memiliki sub kebudayaan yang berbeda satu sama lain;
  • Memiliki struktur sosial yang terbagi ke dalam lembaga-lembaga yang bersifat non komplementer;
  • Kurang mengembangkan konsensus diantara para anggotanya terhadap nilai-nilai yang bersifat dasar;
  • Secara relatif sering kali mengalami konflik-konflik diantara kelompok yang lain;
  • Secara relatif integrasi sosial tumbuh di atas paksaan (coecion) dan saling ketergantungan di dalam bidang ekonomi; serta
  • Adanya dominasi politik oleh satu kelompok atas kelompok-kelompok lainnya (Nasikum, 1988).

Ingin dibuatkan tugas seperti ini??
Butuh versi lengkap??
atau ada tugas-tugas costum lainnya?
silahkan hubungi geraijasa.com di no 0821-3805-4433

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *