Macam-macam mazhab filsafat

1. 3 (tiga) mazhab filsafat yang paling Saya ketahui dan kuasai.

a. Rasionalisme

Rasionalisme muncul pada abad ke-17 dan tokoh yang dikenal dalam mazhab ini adalah Rene Descrates (1596-1650) yang memopulerkan ungkapan cogito ergo sum yang berarti aku berpikir maka aku ada. Menurut Descrates, manusia memiliki kebebasan dalam berkehendak oleh karena itu manusia dapat merealisasikan kebebasannya tersebut dan kebebasanlah yang merupakan cirri khas kesadaran manusia yang berpikir. Bagi kaum rasionalis, akal adalah dasar untuk memahami apapun.

b. Empirisme

Empirisme  merupakan mazhab yang menekankan pada pengalaman nyata atau empiris yang menjadi sumber dari segala pengetahuan bahwa sebuah pengalaman yang khusus merupakan kesimpulan dari kebenaran-kebenaran yang bersifat umum. Kaum empiris percaya kita belajar tentang dunia kita melalui pengalaman kita sebelumnya.

c. Idealisme

Idealisme merupakan istilah yang digunakan oleh Leibniz pada abd ke-18. Merujuk pada pemikiran Plato bahwa idealisme memfokuskan pemikiran bahwa seluruh realitas itu bersifat spiritual atau psikis, dan materi yang bersifat fisik sebenarnya tidaklah nyata. Kaum idealis mengutamakan gagasan atas benda-benda material, yang menyatakan gagasan adalah satu-satunya kenyataan sejati karena kualitas abadi mereka.

2. Perbandingan ketiga mazhab tersebut dan uraian kelebihan dari masing-masing mazhab tersebut.

a. Kelebihan rasionalisme

Rasionalis percaya terdapat alasan mengapa setiap objek atau fenomena ada. Sebuah benda kembali ke tanah saat dilempar ke atas bukan karena satu juta orang telah mengamati demikian tapi karena ada alasan untuk hal itu terjadi yaitu hukum gravitasi. Selain itu, logam adalah konduktor karena memudahkan muatan listrik bergerak, tidak seperti kayu. Rasionalisme mencoba menemukan prinsip umum yang sudah ada karena manusia tidak menciptakannya di balik setiap fenomena, yang independen terhadap persepsi pengetahuan masing-masing individu. Hasilnya adalah teori yang tak terbantahkan yang menjelaskan hukum dunia yang mengelilingi kita.

b. Kelebihan empirisme

Seorang empiris akan mengatakan hukum konduktivitas listrik bergantung pada pengamatan manusia. Itu karena kita sudah melihat listrik melewati sepotong logam dan bukan kayu ribuan kali kita mengkonsolidasikan fakta logam adalah konduktor dan kayu tidak. Perasaan kita tidak berbohong dalam keadaan normal dan pengalaman dapat menunjukkan apakah suatu fenomena berulang dengan sendirinya dan karena itu mematuhi hukum tertentu atau terjadi secara acak. Ilmuwan misalnya menggunakan eksperimen untuk menguji melalui pengamatan apakah asumsi itu benar atau tidak.

c. Kelebihan idealisme

Idealisme memiliki banyak kelebihan sosial. Masyarakat tidak lebih dari sekelompok besar pikiran individu; jika setiap orang memiliki cita-cita dan standar yang tinggi, masyarakat secara keseluruhan akan meningkat. Jika individu puas dengan keberadaan mereka, masyarakat tidak akan menunjukkan pertumbuhan teknologi, sosial dan ekonomi. Karena orang-orang tertentu memiliki visi untuk masyarakat, mereka dapat mengambil peran kepemimpinan yang memungkinkan mereka mendorong budaya mencapai cita-cita tersebut.

Ingin dibuatkan tugas seperti ini??
Butuh versi lengkap??
atau ada tugas-tugas costum lainnya?
silahkan hubungi geraijasa.com di no 0821-3805-4433

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *