SOAL :

PT. Mitra Sehati adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk susu untuk bayi dan anak-anak dengan rasa enak, harga terjangkau serta berstandar internasional. Mitra Sehati telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1945 sebagai wujud nyata Program Kecukupan Protein Nasional yang diselenggarakan pemerintah Indonesia bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Mitra Sehati merupakan bagian dari sebuah perusahaan nutrisi yang berpusat di Belanda, Maxima Nutricia, dengan lebih dari 100 tahun pengalaman menyediakan nutrisi terbaik bagi buah hati. Didukung oleh lebih dari 400 ilmuwan, Maxima Nutricia telah menghasilkan 263 penelitian dan 147 inovasi mengenai ASI dan nutrisi awal kehidupan. Sebagai bukti komitmen Maxima Nutricia terhadap nutrisi telah berhasil dibuktikan dengan meraih Peringkat 1 Penghargaan International Access to Nutrition Index (ATNI) pada tahun 2013. Mitra Sehati juga secara aktif berinteraksi dan bermitra dengan para praktisi kesehatan, penggiat gizi, pengambil kebijakan dan pihak terkait lainnya untuk memberikan edukasi yang diperlukan untuk mewujudkan generasi Indonesia yang sehat di masa kini dan masa datang.

            Untuk mengukuhkan posisinya di pasar nasional, PT. Mitra Sehati hanya memfokuskan produksi susu untuk bayi dan anak-anak. Strategi ini sesuai dengan tujuan utama didirikannya perusahaan untuk menyediakan produk susu yang berkualitas sekaligus terjangkau, sehingga perusahaan hanya memfokuskan semua sumber daya untuk memproduksi susu untuk bayi dan anak-anak. Setiap produk selalu didasarkan pada riset dan pengembangan produk dari Pusat Riset Maxima Nutricia yang tersebar di Belanda, Singapura, dan Indonesia. PT. Mitra Sehati berkomitmen memberikan ilmu pengetahuan berkelas dunia untuk mendukung kesehatan anak-anak sekarang dan masa depan. Fokus penelitian adalah pada pemahaman akan kebutuhan gizi lokal dan dampak gizi pada awal kehidupan manusia. Salah satu hasil penelitian tersebut adalah dikembangkannya susu bayi bermerek Nutrigen yang dikhususkan bagi bayi baru lahir sampai umur satu tahun. Kelebihan susu ini adalah mengandung zat imun hasil riset yang mempunyai kelebihan meningkatkan daya tahan tubuh bayi yang baru lahir.

            Sejak diluncurkan sampai saat ini, produk Nutrigen memiliki tingkat penjualan yang cukup menggembirakan. Peningkatan penjualan meningkat tajam secara terus menerus selama dua tahun ini. Penjualan yang terus meningkat ini mulai ”dilirik” oleh pesaing di awal-awal penjualan Nutrigen. Beberapa pesaing sudah mulai memasuki pasar dengan membuat produk sejenis karena tertarik dengan peluang bisnis dan laba yang dihasilkan. Untuk mengatasi hal itu, perusahaan berusaha mempertahankan posisinya di pasar dengan melakukan berbagai strategi pemasaran. Dalam hal distribusi produk, perusahaan menginginkan agar produknya dapat tersebar secara luas di seluruh Indonesia sampai ke pelosok-pelosok. Oleh karena itu, perusahaan mendistribusikan produk ke pedagang besar/distributor terlebih dahulu. Distributor tidak menjual eceran kepada konsumen, namun menjual produknya ke pengecer terlebih dahulu. Selanjutnya, konsumen dapat membeli produk Nutrigen ke pengecer-pengecer yang tersebar di seluruh Indonesia.

            Sehubungan dengan keinginan perusahaan untuk memperbesar kapasitas produksinya, perusahaan berencana untuk mendirikan satu pabrik baru yang dilengkapi dengan mesin otomatis. Terdapat tiga alternatif lokasi pendirian pabrik baru, yaitu di kota A, B, dan C. Untuk menentukan lokasi yang paling tepat, pimpinan perusahaaan mempertimbangkan biaya tetap dan biaya variabel pengoperasian pabrik baru. Perusahaan harus menentukan lokasi manakah yang paling menguntungkan. Data biaya tetap dan biaya variabel setiap alternatif lokasi seperti berikut.

Lokasi Biaya tetap/bulan Biaya variabel/unit
Kota  A Rp113.000.000 Rp37.200
Kota B Rp94.000.000 Rp43.500
Kota C Rp120.000.000 Rp35.000
a). Tentukan berada pada tahap apa produk Nitrogen dalam daur hidup produknya? Jelaskan alasan Sudara! b). Jenis saluran distribusi yang digunakan PT. Mitra Sehati dari produsen sampai ke konsumen (pihak-pihak yang terlibat dalam distribusi) dan jelaskan jawaban Saudara!
Tentukan lokasi pabrik baru yang paling menguntungkan bagi perusahaan dengan mempertimbangkan biaya tetap dan biaya variabel apabila produk yang dihasilkan sebanyak 20.000 unit per bulan!

untuk mendapatkan jawaban dari soal ini silahkan hubungi admin geraijasa di wa 0821-3805-4433